Lapas Watampone Garansi Kawasan Tanpa Pungli

BONEPOS.COM, BONE - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Watampone, terus berbenah. Tekadnya jadi kawasan bebas pungutan liar alias Pungli.

Belum lama ini, Bonepos.com menyambangi daerah tersebut. Ya, ada sejumlah perubahan signifikan terjadi.

Masyarakat yang berkunjung terlihat lebih nyaman. Lantaran, kawasan ini dilengkapi papan petunjuk mekanisme kunjungan. Tidak sampai disitu, pihak Lapas Watampone juga menyiagakan personel yang bertugas untuk mengarahkan pembesuk. Mereka ramah dan santun.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone, Lukman Amin menjelaskan, Lapas menerapkan wilayah bebas korupsi melayani tanpa diskriminasi. Masyarakat datang berkunjung diberikan kemudahan.

"Hal ini tidak terlepas dari pada kantor wilayah yang memberikan support arahan dan dukungan petunjuk kepada semua satker UPT di Sulsel," ucap Lukman Amin.

"Kami berusaha menghadirkan pelayanan kepada masyarakat. Agar mereka tidak ada beban dan senang datang berkunjung. Jadi tidak berbelit-belit menyangkut birokrasi. Paling penting, tidak ada pungli. Semua diperlakukan baik dan sama," sambungnya.

Perubahan positif yang ditunjukkan pihak Lapas Watampone ini, tidak lepas dari wujud kebersamaan dan keseriusan pengelola Lapas.

Maka tidak heran, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengganjar Lapas Kelas IIA Watampone dengan raihan predikat pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi.

“Ini bukti pemberian layanan terhadap hak Warga Binaan Pemasyarakatan telah berjalan secara maksimal. Yang utama tanpa ada tipping dan bebas pungutan liar. Semuanya dihadirkan secara gratis,” tambah Lukman. (ril)