Sukses Pilwali 2020 di Tangan Panwascam, Begini Pesan Pj Wali Kota Makassar

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar resmi melantik 45 orang sebagai Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan di Hotel Makassar, Sabtu (21/12/2019).

45 orang ini merupakan masing-masing perwakilan di tiap kecamatan yang ada di Kota Makassar.

Untuk menjadi Panwas Kecamatan tidak mudah. Peserta harus melalui beberapa tahapan ujian, seperti seleksi CAT dan tes wawancara dengan fokus menggali komitmen, dan integritas calon.

Mereka yang berhasil lolos di semua tahapan, kemudian diambil sumpahnya dan berkewajiban menjalankan tugasnya saat Pilwali 2020 mendatang.

Hadir saat pengambilan sumpah, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, pimpinan Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo, pimpinan Bawaslu Sulsel Laode Arumarahi, dan juga Azri Yusuf serta Saiful Jihad.

Ketua Panwaslu Kota Makassar Nursari mengemukakan, Panwas Kecamatan ini nantinya akan melakukan pengawasan pada penyelenggaraan even elektoral di tiap kecamatan.

"Tugas Panwas Kecamatan adalah mengawasi kegiatan Pemilukada tingkat kecamatan. Orang-orang terpilih ini telah melalui proses seleksi yang cukup ketat. Makanya sangat diharapkan kehati-hatiannya dan juga tanggung jawab akan tugasnya bisa dijalankan dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, Iqbal Suhaeb mengharapkan integritas dan profesionalitas serta transparansi para Panwas Kecamatan saat bertugas.

"Tugas ini mulia, dan pertanggung jawabannya juga besar. Jika mampu menjaga amanah, Insya Allah akan berjalan baik, namun jika berpihak maka hancur itu sudah pasti. Makanya jaga integritas, profesionalitas dalam bekerja," ucap Iqbal.

Usai pelantikan, Panwas Kecamatan mulai bekerja melakukan sosialisasi kepada pimpinan kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan juga tokoh pemuda. (ril)