Kajari Bone: Kembangkan Inovasi, Tetap Sadar Hukum

BONEPOS.COM, BONE - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bone, Dr Ery Satriana berbagi pengetahuan ilmu hukum pada Seminar Hukum dan Bela Negara di Gedung PKK Bone, Senin (23/12/2019).

Peserta seminar adalah kepala KUA se-Kabupaten Bone, kepala madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Jumlahnya ada ratusan peserta.

Di hadapan peserta, Ery mengajak peserta untuk menjadi agent of change. Jadi masyarakat yang paham dan taat hukum.

Diakuinya, kualitas generasi Bangsa Indonesia berada di tangan pendidik. Makanya, perannya sangat vital, terlebih dalam memaksimalkan demografi di tahun 2045.

Ery meminta kepada peserta agar tidak ragu dalam bekerja mengelola keuangan. Utamanya melakukan inovasi kerja.

"Jangan ragu. Inovasi harus bermanfaat dan dianalisa berencana," kata Ery.

"Asalkan harus transparan dalam pelaksanaan pekerjaan. Kami akan dampingi. Jangan sembunyi-sembunyi," sambungnya.

Membangun masyarakat sadar hukum, kata Ery, merupakan tanggung jawab bersama. Termasuk dalam pengelolaan keuangan. Harus berbasis efektif dan efisien.

"Tujuan hukum disini menurut saya, hukum menghadirkan ketertiban, melindungi hak dan kewajiban masyarakat, harus dijalankan dengan penegakan hukum agar hukum memberikan keadilan kepastian, dan kemanfaatan," papar Ery.

Kepastian hukum diterapkan sesuai aturan yang ada. Semua sama di mata hukum. Kemudian keadilan atas substantif dan prosedural, serta pelaksanaan harus memiliki manfaat. (ril)