Kapolres Sinjai Ungkap Sisi Lain di Balik Kenaikan Pangkat Personel

BONEPOS.COM, SINJAI - Kapolres Sinjai AKBP Sebpril Sesa memimpin Upacara Korps Raport kenaikan pangkat personel di halaman kantor Mapolres Sinjai, Selasa (31/12/2019). Mereka yang naik pangkat sebanyak 39 personel.

"Kenaikan pangkat masing-masing personel yakni dari pangkat Iptu ke AKP 2 orang, pangkat Aipda ke Aiptu 1 orang, Bripka ke Aipda 1 orang, Brigpol ke Bripka 14 orang, Briptu ke Brigpol 1 orang, dan dari pangkat Bripda ke Briptu sebanyak 20 orang," papar Sebpril.

Dalam arahannya, Sebpril mengingatkan, kenaikan pangkat bagi personel bukan merupakan hal mutlak personel, tetapi merupakan kebijaksanaan pimpinan Polri yang lebih mengarah kepada pendekatan aspek kesejahteraan personel atas penilaian prestasi kerjanya.

Sebpril mengungkapkan, pimpinan Polri akan senantiasa berusaha obyektif dalam memberikan penilaian terhadap personel Polri. Sehingga akan memberikan rasa keadilan yang memadai sesuai dengan prinsip-prinsip pemberian reward dan punishment dalam sistem pembinaan karier personil.

Bagi personel yang diberikan kebijaksanaan untuk dinaikkan pangkatnya, berarti personel telah dinilai positif kinerjanya oleh pimpinan dan sebaliknya bagi personel yang tidak naik atau ditunda pangkatnya, pastilah pernah melakukan kesalahan atau pelanggaran dalam melaksanakan tugas, sehingga kinerjanya dinilai kurang oleh pimpinan.

"Selamat kepada personel yang mendapatkan kenaikan pangkat periode 1 Januari 2020. Anugerah ini tidak lepas dari para ibu bhayangkari yang senantiasa mendampingi dan memberikan motivasi kepada suaminya dalam menjalankan tugasnya dengan baik," ucap Sebpril.

"Janganlah kita terlena dan lupa bahwa kenaikan pangkat itu merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan amanah dari institusi kepolisian. Dengan pangkat yang kita sandang sekarang perlu disyukuri dan jangan dijadikan simbol keangkuhan, karena pangkat itu hanya kelengkapan identitas diri, dalam dinas dan apabila tidak dibarengi dengan perilaku dan kemampuan yang memadai sesuai kepangkatan, maka tanda pangkat hanya akan bermakna sebagai simbol belaka," sambungnya. (air/ril)