Jalan Ambles di Ponre Bone, Kontraktor Siap Lakukan Perbaikan

BONEPOS.COM - ISTIMEWA PT Lompulle saat ini tengah melakukan perbaikan Jalan di ruas Bakunge - Palacari, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, yang rusak dan ambles pada Kamis, 26 Desember 2019.

BONEPOS.COM, BONE - PT Lompulle saat ini tengah melakukan perbaikan Jalan di ruas Bakunge - Palacari, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, yang rusak dan ambles pada Kamis, 26 Desember 2019.

Direktur Utama PT Lompulle, H Haeruddin mengatakan pihaknya telah melakukan perbaikan untuk titik ruas jalan yang mengalami kerusakan.

"Sementara kami melakukan perbaikan. Yang rusak pasti kami aspal ulang, masa pemeliharaan kan masih berjalan," kata H Haeruddin kepada Bonepos.com, Rabu malam, 1 Januari 2020.

Sementara itu, terkait besaran anggaran yang disiapkan PT Lompulle untuk melakukan perbaikan di ruas jalan rusak tersebut, Haeruddin belum bisa merinci besarannya.

"Saya belum bisa kalkulasi sampai berapa (besar anggaran perbaikan - red) yang jelas Saya kerja sampai tuntas yang amblas," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, proyek pengaspalan di ruas jalan Bakunge - Palacari, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, rusak dan ambles di sejumlah titik.

Terkait amblesnya jalan yang menelan anggaran sebesar Rp 24 Miliar itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bone, Andi Suaedi meminta pihak kontraktor untuk melakukan perbaikan.

"Kontraktor harus bertanggungjawab, Harusnya dilihat dulu kekuatan tanah baru diaspal," jelas Suaedi, Selasa (31/12/2019).

Sebelumnya, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Bone, Askar, juga terjun langsung melakukan peninjauan di lokasi kejadian. Ditemukan, sejumlah titik pengerjaan mengalami kerusakan.

"Mungkin ada curah hujan tinggi disitu. Di sisi lain kondisi tanah belum jenuh. Selain itu juga di lokasi belum ada drainase. Dan ini merupakan pembukaan jalan baru," ujar Askar.

Kerusakan yang terjadi pada proyek pengaspalan jalan di Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone ini, diduga akibat kesalahan perencanaan. (her/ril)