Reptil di Bone Ikut Merayakan Pesta Tahun Baru, Begini Keseruannya

BONEPOS.COM, BONE - Komunitas Bone Pencinta Reptil (Boper) yang sekarang berganti nama Path Lovers Bone turut menghibur warga Kabupaten Bone pada acara pergantian tahun, Rabu malam (1/1/2020).

Path Lovers Bone adalah merupakan salah satu komunitas pencinta reptil di Kota Watampone yang berdiri sejak 2018.

Masyarakat begitu antusias dengan kedatangan anggota komunitas Path Lovers Bone itu.

Anggota komunitas bahkan memperbolehkan para pengunjung yang mau ikutan berfoto dengan beberapa hewan reptil yang mereka bawa. Seperti ular Piton Sulawesi dan Piton Papua, serta Kadal.

"Kami hanya membawa beberapa jenis ular Piton ke sini. Meskipun sebenarnya ada banyak jenis reptil yang ada seperti ular cincin emas Bone, ular hitam Bone yang berbisa menengah dan kadal jenis iguana," jelas Putra, perawat reptil.

Putra menambahkan, tujuan Path Lovers Bone ini berdiri untuk mengedukasi masyarakat agar tidak berpikiran bahwa ular itu buruk atau berbahaya.

"Tujuan komunitas ini dibentuk untuk menjaga, merawat serta melindungi dan melestarikan hewan-hewan itu. Kami juga ingin meyakinkan masyarakat bahwa tidak selamanya ular itu buruk atau berbahaya dan ini membuktikan bahwa reptil berbahaya itu juga bisa menjadi teman ataupun peliharaan," ungkapnya.

Komunitas ini berharap ada perhatian dari pemerintah daerah berupa penyediaan tempat yang layak untuk pelestarian dan pengembang biakan. "Ini butuh perhatian pemerintah karena hewan-hewan ini tergolong langka dan dilindungi," kata Putra. (sug/ril)