Anies Baswedan Jadi ‘Gubernur Terbodoh’ di Google. Kok Bisa?

BONEPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta,  Anies Baswedan menjadi bahan gunjingan di internet. Alih-alih menuai pujian,  ia justru dianggap sebagai “Gubernur Terbodoh” di pencarian Google, di tahun ketiga kepemimpinannya.

Berdasarkan penelusuran Bonepos,com pada Ahad, (05/01/2020),  mengetik kata kunci “Gubernur Tebodoh” di Google Search akan membawa kita pada sejumlah artikel yang menyebut Anies Baswedan sebagai Gubernur Terbodoh. Hasil pencarian akan mengarah ke Line Today, Seword, Telset, dan Quora.

Begitu juga kalau "Gubernur Terbodoh" diketik pada pencarian Google Images, maka yang muncul adalah foto Anies Baswedan.

Insiden ini serupa dengan yang dialami oleh Donald Trump pada 2018. Kala itu, pengguna yang mengetikkan kata "idiot" akan melihat ulasan atau foto terkait Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Screenshoot Google

Lalu, kenapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini disebabkan oleh algoritma Google yang menampilkan hasil dengan keterikatan kuat atas kata kunci yang diketikkan. CEO Google, Sundar Pichai pernah menjelaskan bahwa Google menjelajah miliaran laman setiap pengguna mengetikkan kata kunci.

Google lalu mencocokkan laman tersebut dan memberikan peringkat berdasarkan lebih dari 200 indikasi. Indikasi ini berupa relevansi, popularitas, paling baru, dan cara orang lain menggunakannya.

Begitulah cara mesin pencari Google menghadirkan hasil penelusuran terbaik untuk menjawab kata kunci yang diketikkan pengguna. Jadi, berkaitan yang dialami oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dia dihubungkan dengan kata kunci "Gubernur Terbodoh", karena ada artikel-artikel di dunia maya yang menyandingkan namanya dengan kata kunci tersebut.