Gerakan Penghijauan, Polda Sulsel Atensi Personel Tanam Pohon

BONEPOS.COM, BONE - Polda Sulsel canangkan Gerakan Penanaman Pohon, Minggu (5/1/2020). Hal ini dalam rangka mencegah banjir dan longsor.

Selain itu, Polda Sulsel mengaktifkan gerakan penghijauan demi menjaga keberlangsungan lingkungan. Ada hampir 2 ribu pohon ditanam.

"Kita lakukan penyelamatan Bumi melalui kegiatan polisi peduli penghijauan. Kita awali di lingkungan SPN Polda Sulsel dengan menanam dua ribu pohon," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo.

"Penanaman pohon ini fungsinya yang satu untuk penghijauan, yang kedua membantu agar pohon-pohon jika tumbuh bisa menghambat banjir, longsor dan bencana lainnya," sambungnya.

Program polisi peduli penghijauan merupakan gagasan Kapolri Jenderal Idham Azis. Hal ini disebut wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup.

"Selain itu dengan banyaknya bencana yang terjadi yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, menuntut kepedulian bersama untuk menata kembali lingkungan salah satunya dengan penghijauan mulai dari lingkungan rumah, kantor, dan lingkungan lainnya," tuturnya.

Secara keseluruhan, Polda Sulsel dan Polres jajaran menggelar Program Polisi Peduli Penghijauan dengan penanaman bibit pohon, dengan total akumulasi lahan seluas 3,5 hektare yang tersebar di seluruh wilayah Sulsel .

Pohon yang ditanam terdiri dari pohon Jati Putih, Manggrove, Kopi, Mahoni, Ukun, Rambutan, Ketapang Kencana, Gerseng, Jeruk, Lengkeng dan Bambu Kuning. (ril)