Soroti Kinerja Kades, Komunitas Pemuda Pallime Mengadu ke Bupati Bone

Ketua KPP, Padil Akbar

BONEPOS.COM, BONE - Ada konflik yang terjadi di Desa Pallime, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone. Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi pun diminta bersikap. Komunitas Pemuda Pallime (KPP) melayangkan surat ke Bupati Bone, Senin (6/1/2020). Mereka mengeluhkan kinerja Kades Pallime.

Kepada Bonepos.com, Ketua KPP, Padil Akbar menyampaikan, dalam isi surat yang ditujukan pihaknya kepada orang nomor satu di Bumi Arung Palakka.

"Kami menyuarakan berbagai tuntutan. Pada intinya meminta kepada Kepala Desa Pallime untuk menjalankan pemerintahan desa secara
transparan dan berkeadilan," seru Padil.

Lantas, KPP melakukan pertemuan bersama kepala Desa Pallime beserta perangkat Desa Pallime di ruang serbaguna kantor Desa Pallime (03/01/2020).

Dalam pertemuan tersebut, KPP tidak menemukan jawaban atas tuntutan-tuntutan sebelumnya. Justru Kepala Desa Pallime dalam pertemuan tersebut memilih bersikap tertutup dan tidak bersedia memberikan keterangan secara terbuka terhadap isu permasalahan yang disuarakan.

Alih-alih mendapatkan jawaban, pertemuan tersebut harus dihentikan oleh aparat keamanan. Lantaran gerakan-gerakan fisik yang mengarah dan membahayakan pada saat pertemuan itu berlangsung.

"Kami semakin diperlakukan secara tidak adil dan banyak mendapat teror yang begitu masif. Bapak Bupati Bone yang kami hormati, kami merasa inilah waktunya untuk bapak ketahui kondisi kehidupan kami selama ini yang terus-menerus dirudung kesedihan, yang terjebak dalam kondisi ketidakpastian atas perilaku kepala Desa Pallime yang sewenang-wenang terhadap hak-hak kami," paparnya.

Aliran bantuan dari pemerintah kabupaten dan pusat nyaris tak pernah sampai di tangan, pihak-pihak yang memungkinkan untuk mendapatkan bantuan.

"Di lain sisi, kelompok masyarakat yang tergolong serba berkecukupan secara finansial justru dengan mudahnya mendapatkan bantuan-bantuan yang didistribusikan oleh Aparat Kantor Desa Pallime. Sekali Lagi kami dikhianati," tegas Padil.

Sementara itu, Kades Pallime, Isnaeni, saat hendak dikonfirmasi oleh Bonepos.com, nomor telepon seluler yang bersangkutan tidak aktif, hingga berita ini diturunkan. (her/ril)