Pangdam Hasanuddin Sebut Deretan Daerah Rawan Bencana di Sulsel, Wajib Siaga

BONEPOS.COM, BONE - Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi prihatin menyikapi kondisi bencana alam yang melanda beberapa wilayah akhir-akhir ini.

Tentang cuaca ekstrem yang sekarang terjadi di sejumlah wilayah itu, Pangdam mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya penanggulangan dengan membentuk Posko-Posko penanggulangan bencana serta membagikan rakit di masing-masing wilayah khususnya yang berpotensi akan terjadi bencana alam.

"Kita sudah membagikan rakit untuk langkah antisipasi. Kita juga membuat Posko untuk penanggulangan bencana di wilayah rawan bencana," ujarnya saat berkunjung di Makorem 141/Toddopuli, Senin (6/1/2020).

Selain itu Pangdam Mayjen TNI Surawahadi juga telah perintahkan seluruh Dansat khususnya Kodim dan Korem untuk selalu siaga khususnya di setiap wilayah yang berpotensi terjadi bencana alam.

"Seperti beberapa hal itu saya selalu lakukan komunikasi dan memonitor perkembangan di wilayah-wilayah termasuk perkembangan air di bendungan Bili-bili dan kita yakini saat ini masih aman," ungkap Pangdam Surawahadi yang dipromosikan menjabat Koordinator Staf Ahli Kasat di Jakarta itu.

Perwira dua bintang di pundak itu menyebutkan daerah rawan bencana yang diketahui berada di wilayah dataran rendah seperti kota Makassar, Gowa, Jeneponto, Pangkep, dan Maros.

"Itu kita sudah antisipasi dengan membuat bendungan karena kita tahu wilayah ini berada di wilayah dataran rendah," jelasnya. (sug/ril)