Begini Antisipasi Polres Pelabuhan Makassar Sikapi Cuaca Ekstrem

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Intensitas curah hujan yang melanda Kota Makassar, meningkat. Seluruh pihak pun perlu mengantisipasi. Termasuk aparat kepolisian.

Seperti yang dilakukan Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim memimpin apel untuk mengecek kesiapan personel dalam penanggulangan bencana, Rabu (8/1/2020).

Melalui Apel ini, Kadarislam mengecek kesiapan dan kelengkapan para personel dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam yang mengintai wilayah hukum Polres Pelabuhan Makassar.

Kata Kadarislam, momentum ini juga dimaknai mengantisipasi kejadian sebelumnya yang pernah terjadi pada tahun lalu. Adanya kecelakaan laut di wilayah Polres Pelabuhan Makassar.

Potensi tersebut, sebut Kadarislam bisa kembali terjadi apabila tidak ada upaya untuk mengingatkan kepada masyarakat pengguna laut untuk berhati-hati dalam kondisi cuaca yang masih ekstrem. Meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

"Upaya yang harus disiapkan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan yaitu langkah-langkah penguatan dan pendampingan psikologis bagi korban maupun keluarga korban. Melakukan pencarian, pertolongan, penyelamatan, perlindungan, pengamanan, dan evakuasi korban dan harta benda bagi korban, serta bekerja sama dengan instansi lain dalam penanggulangan bencana," papar Kadarislam.

Giat Apel ini juga menegaskan kepada masyarakat bahwa Polres Pelabuhan siap memberikan pengamanan terbaik bagi masyarakat.

"Kami himbau kepada masyarakat khususnya pengguna laut untuk mengantisipasi peringatan BMKG dan Bapak wali kota Makassar terkait cuaca ekstrem," tambahnya.

Kadarislam bersama jajaran Polres Pelabuhan mengecek kapal Sat Polair Polres Pelabuhan yang berlabuh di jembatan I serta peralatan SAR dan pendukungnya. (ril)