Terobosan Baru, Sekolah Sampah Hadir di Makassar

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb meresmikan memilah sampah dan sekolah sampah di Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (12/1/2020).

Kegiatan ini diinisiasi Universitas Bosowa (Unibos) Makassar. Kecamatan Manggala menjadi kecamatan pertama dan percontohan di Kota Anging Mammiri.

“Kami mendukung dan mengapresiasi keberadaan sekolah sampah ini. Saya yakin Universitas Bosowa ini salah satu universitas swasta yang peduli sampah. Ke depannya akan tersebar di 15 kecamatan,” papar Iqbal.

Kota Makassar menaruh harapan besar kepada seluruh civitas akademika dan mahasiswa serta semua warga masyarakat guna bersama-sama membangun pondasi lingkungan yang bersih dan sehat, yang menjadi anugerah tak terbatas.

Sementara itu, Rektor Universitas Bosowa, Prof Saleh Pallu menuturkan, sekolah sampah ini hadir untuk menjawab keresahan masyarakat terkait sampah yang berserakan.

“Jadi mahasiswa kami tiap minggu akan stand by di Kecamatan Manggala untuk melatih masyarakat dan menunjukkan caranya. Agar edukasi ini bisa dilafalkan oleh masyarakat secara berkelanjutan,” tuturnya.

Katanya, pengelolaan sampah rumah tangga menjadi suatu tantangan tersendiri karena sesungguhnya volume sampah terbanyak itu adalah sampah rumah tangga (non point resource) hasil survei menunjukkan produksi sampah per orang itu sebesar 0,8 kg per hari. Sehingga pengelolaan sampah rumah tangga harus menjadi perhatian bersama. (nda/ril)