Cerita Pasien RSUD Tenriawaru Lima Malam Terbaring Sakit, Anak: Terima Kasih KIS

BONEPOS.COM, BONE - Nabung (59), mulai tersenyum. Kondisi kesehatannya, kian membaik.

Sebelumnya, sudah lima malam Nabung (59) terbaring di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru, Kabupaten Bone, untuk menjalani rawat inap di bagian interna.

Nabung tidak sendirian. Dia didampingi seorang putrinya, Ningsih (27). Ningsih menceritakan awal mula sang ibunda harus menjalani rawat inap di rumah sakit tersebut,

“Awalnya Ibu mengalami sakit nyeri kaki bahkan kaki bengkak, asam urat, dan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi sampai susah buat berjalan, bahu beliau pun susah digerakkan apalagi saat aktivitas memakai baju," urainya.

Pada pengobatan awal, Nabung didiagnosa awal Essential (primary) Hypertension.

Berkat perawatan dokter dan penanganan yang tepat saat ini, Nabung semakin membaik kondisinya.

“Dokter berpesan pada Ibu agar memperhatikan pola makan, kurangi gula dan perbanyak minum," lanjut Ningsih.

Nabung beserta suami dan kedua anaknya tercatat sebagai peserta JKN Penerima Bantuan Iuran dari APBN (PBI-APBN).

Kesehariannya adalah seorang ibu rumah tangga yang membantu suaminya bertani di sawah.

Beruntung beberapa tahun yang lalu telah dilakukan pendataan oleh aparat desa di tempat Nabung tinggal untuk diusulkan dalam kepesertaan program JKN bantuan Pemerintah.

“Saat itu ada yang datang ke rumah kami dari aparat desa, kami didata, dan setelah kartunya kami jadi, kami diinfokan juga untuk mengambil kartu tersebut di Kantor Desa," jelas Ningsih kembali.

“Alhamdulillah dan Terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan kami Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan kami sudah menggunakannya untuk berobat, pelayanan yang kami peroleh selama ini di Rumah Sakit bagus, ruang rawat inap pun bersih serta tidak keluar biaya sepeser pun," sambungnya. (rol/ril)