Tingkatkan Kewaspadaan Bencana, Bone Siagakan Tim Terpadu

BONEPOS.COM, BONE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone mengadakan Apel dan Simulasi tim terpadu kesiapsiagaan menghadapi bencana khususnya cuaca ekstrem di depan gedung DPRD Bone, Senin (13/1/2020).

Apel tersebut melibatkan lebih 800 personel. Terdiri BPBD, Basarnas, Polres Bone, Korem 141 Toddopuli, Kodim 1407, Yon C Brimob Tenri Betta, Tagana, Orari, Satpol PP, Damkar, RAPI, Komunitas Penyelam, pencinta alam, PMI, Rumah Sakit, Dinas PU, Dinas Sosial, dan Polairut Bone.

Pada kegiatan tersebut, sebelum apel dilaksanakan simulasi evakuasi dan penanganan korban banjir oleh tim terpadu dilanjutkan dengan apel bersama yang dipimpin Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi.

Selanjutnya ditampilkan juga yel-yel TRC-PB Bone dan senam mitigasi bencana dan ditutup dengan pemeriksaan dan pengecekan perlengkapan penanggulangan bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Bone Dray Vibrianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih kesigapan tim terpadu penanggulangan bencana kabupaten Bone menghadapi potensi bencana.

"Sebagaimana kita ketahui laporan BMKG menyebutkan adanya ancaman cuaca ekstrem sampai beberapa minggu ke depan. Di samping itu kabupaten yang bertetangga dengan Bone juga telah mengalami bencana banjir. Untuk itu kita selalu bersiap siaga menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Dray.

Kesiapsiagaan tim terpadu tanggap bencana harus benar-benar dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi kemungkinan terburuk termasuk SOP dalam evakuasi dan penanganan korban bencana.

"Melalui kegiatan tersebut kami menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan masing-masing, khusus masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan rawan longsor agar secepatnya melaporkan kepada pemerintah setempat atau langsung ke BPBD bone apabila terdapat tanda-tanda bencana banjir dan longsor," tandasnya. (her/ril)