Sekilas Info

Pj Wali Kota Makassar Jamin Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Normal

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar akhirnya kembali berjalan normal, Kamis (16/1/2020). Pasca dibekukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Hal tersebut terlihat saat Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyambangi Kantor Kecamatan Panakkukang untuk melihat aktivitas pelayanan perekaman E-KTP dan layanan administrasi kependudukan lainnya.

"Bagaimana apa sudah kembali on line?" tanya Iqbal kepada Rosnani Kasubag Umum Kecamatan Panakukang yang menyambutnya di pintu masuk Kantor Kecamatan Panakkukang.

"Iye, Pak Wali sudah berfungsi, dan normal kembali," jawab Rosnani.

Selanjutnya Iqbal melanjutkan kunjungannya ke Kantor Kecamatan Bontoala. Di sini Iqbal langsung memasuki ruang perekaman E-KTP juga untuk memastikan pelayanan kependudukan dan Suket sudah berjalan normal.

Iqbal memperlihatkan kepada Dirman, warga yang tengah mengurus surat kependudukannya, bagaimana proses scan barcode KK melalui Android walaupun sistem sedang off line.

"Walaupun KK belum bisa dicetak namun dapat scan barcode melalui Android bisa dilakukan. Jadi kita tinggal print saja melalaui Android," ucap Iqbal.

Setelah memastikan pelayanan berjalan dengan normal di Kantor Kecamatan Bontoala, Iqbal melanjutkan kunjungannya ke Kantor Kecamatan Tallo.

Syawal Koordinator Pelayanan Kependudukan Kecamatan Tallo bilang, mereka melayani berkas yang sudah diajukan sejak 2 hingga 3 hari lalu oleh warga.

"Hari ini kita sudah mencetak 13 kartu keluarga, surat pindah antar kecamatan 1 orang, surat pindah kelurahan 1 orang, dan surat pindah antar propinsi 1 orang," tandasnya. (yat/ril)