Sekilas Info

Kajari Bone Ajak Pelajar Bangun Desa, Begini Caranya

BONEPOS.COM, BONE - Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tergabung dalam sebuah organisasi yang diberi nama El-Hummasa akan menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Temanya, 'El Hummasa Membangun Desa'.

Acara tersebut digelar di Gedung PGRI Bone Jalan Ahmad Yani Watampone, selama dua hari yakni Jumat-Sabtu 17-18 Januari 2020.

Ketua umum El Hummasa Rahmat Anugrah yang ditemui pasca pembukaan mengatakan, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat karena tidak ada kaidah hukum yang dapat dipaksakan oleh masyarakat dan kaum mileniallah yang menjadi pionir.

"Oleh karena itu kami melaksanakan latihan dasar kepemimpinan untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat dan juga melatih skill kepemimpinannya dan yang utama untuk mengabdi ke masyarakat, khususnya di desa," Kata Rahmat

Lanjut kata dia, acara ini sengaja memilih Kabupaten Bone untuk dijadikan sebagai tempat pelatihan karena menurutnya Bone merupakan kota terbesar di Sulsel dan diketahui petarungnya.

"Bone merupakan kota kelahiran JK dan pemberani maka harus diarahkan keberaniannya itu mengarah kepada pengabdian masyarakat desa," pungkasnya.

Kajari Bone Dr. Eri Satriana yang ditemui seusai memberikan materi dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi. Karena memiliki konsep pemikiran yang strategis. Peserta ikut serta dalam pembangunan masyarakat desa.

"Kegiatan ini tentu sangat positif dan simetris dengan program kejaksaan dan pemerintah daerah dimana kejaksaan memiliki fungsi datun dan bisa disinergikan dengan teman-teman ini sebagai 'Agent of Change' di pedesaan begitu juga dengan pemerintah daerah," ucap Eri.

Selain itu Eri berharap EL Hummasa ini tidak hanya seremonial. Diharapkan dapat berlanjut secara konsisten dengan konsep strategis dan operasional.

Dalam pelaksanaan LDK ini, EL Hummasa menghadirkan 10 sekolah yang ada di kabupaten Bone, dan ada beberapa bentuk kegiatan didalamnya salah satunya adalah lomba debat antar peserta. (her/ril)