Menunggu Restu Kementerian, 500 Koperasi di Bone Dibubarkan

BONEPOS.COM, BONE - Ada kurang lebih 900 Koperasi di Kabupaten Bone. Namun, 500 lebih diantaranya koperasi vakum. Siap dibubarkan.

Koperasi yang sudah tidak aktif itu tinggal menunggu pembubaran dari Kementerian Koperasi.

"Ada kurang lebih 500 Koperasi dari 900 yang terdaftar akan dibubarkan. Kami dari Dinas Koperasi Kabupaten Bone sudah mengusulkan itu. Namun yang berhak membubarkan adalah Kementerian," kata Kadis Koperasi Bone, Baharuddin.

Menurut Baharuddin, hanya ada 170 Koperasi yang aktif melaksanakan rapat akhir tahun (RAT).

"Ada kurang lebih 400 Koperasi yang aktif namun hanya 17 persen yang aktif melaksanakan RAT," ungkap Baharuddin.

Oleh karena itu, Kadis Koperasi mengharapkan tantangan dari Koperasi itu bisa diatasi dengan bentuk pembinaan.

"Kita berharap bagaimana supaya pemerintah bisa membina dan melatih koperasi, karena memang dianggaran koperasi hanya bentuk pembinaan sehingga cara itu saja yang akan kita genjot," ujarnya.

Dia juga menambahkan, pihaknya hampir setiap hari turun ke kecamatan untuk melakukan pembinaan Koperasi Unit Desa (KUD).

"Karena dari 40 KUD yang terdaftar hanya enam KUD yang aktif dan satu KUD saja yang aktif laksanakan RAT," ungkapnya.

Sebagai pejabat baru di Dinas Koperasi Bone, Baharuddin berharap kelembagaan koperasi itu perlu terus dibina, terutama anggota dan pengurusnya.

"Jadi kelembagaan koperasi itu yang perlu kita bina, terutama anggota dan pengurusnya. Namun tidak terlepas dari SDM-nya kalau itu rendah pasti juga sulit untuk berkembang dan maju," jelasnya.(sug/ril).