Sekilas Info

Air PDAM Macet, Warga di Bone Resah

BONEPOS.COM, BONE - Warga Kelurahan Watang Palakka, Kabupaten Bone, resah. Air sering tidak mengalir.

Pompa air di Desa Panyili yang memasok air ke ribuan pelanggan PDAM Unit Tirong, selama November-Desember 2019, sudah sering tidak lancar.

Akibatnya, PDAM Unit Tirong Watampone Kabupaten Bone menjadi sasaran sorotan warga, diantaranya dari Kelurahan Watang Palakka, Kecamatan Tenete Ruattang Barat.

Hastuti warga Kelurahan Watang Palakka terpaksa mendatangi kantor PDAM Unit Tirong di BTN Seribu, Kamis (23/1/2020).

Hastuti mempertanyakan pelayanan PDAM. Dikarenakan karena air sering tidak mengalir namun tidak ada pemberitahuan ke warga terkait apa penyebab air itu macet.

"Kita mau menanyakan alasan macetnya air PDAM. Sebab sejak dua hari kemarin air PDAM ke warga mati total dan tidak ada pemberitahuan dari karyawan PDAM apa sebab air tidak mengalir," ujar Hastuti.

"Akibat sering macet kita merasa dirugikan, karena beberapa hari kita membeli air galong, disamping itu tetap membayar biaya beban Rp128 ribu per bulan meski air tidak jalan," tambahnya.

Kepala PDAM Unit Tirong Januddin membenarkan, bahwa air sering tidak mengalir lantaran debit air menurun.

"Jadi untuk pemerataan pendistribusian air ke pelanggan terpaksa digilir," ungkap Januddin.

Selain itu kata Januddin, penyebab sering matinya air tersebut juga karena adanya kerusakan pipa yang tertimpa pohon dan kebocoran pipa di poros PabbacuE dan di Terminal Palakka.

"Kami sudah berusaha menangani di lapangan dan air sudah mengalir lancar sampai daerah Watang Palakka," dalihnya. (sug/ril)