Tradisi Unik di Jerman Untuk yang Belum Menikah Usia 30 Tahun

BONEPOS.COM - Menikah merupakan pilihan dan keputusan pribadi seseorang. Di Indonesia sendiri, menikah menjadi sesuatu hal yang sangat sakral dan wajib dilakukan bagi seorang lajang dewasa. Malah, jika seorang lajang sudah menginjak usia lebih dari 25 tahun, maka siap-siap akan menjadi perbincangan di keluarga besar.

Sementara beda pula yang terjadi di negara-negara barat. Biasanya, seorang lajang akan lebih santai dalam urusan pernikahan. Makanya tidak heran, bahkan rata-rata lajang berusia 30 tahun ke atas masih banyak yang belum memutuskan untuk menikah.

Salah satu negara barat, Jerman punya tradisi yang unik dalam merayakan kelajangan seseorang. Jika seseorang belum juga menikah hingga usianya menginjak 30 tahun, maka dia akan mendapatkan 'hukuman' untuk melakukan bersih-bersih dari teman-temannya.

Tepat di hari ulang tahun yang ke-30, mereka yang belum menikah akan dibawa ke tempat-tempat umum, misalnya ke kantor walikota untuk 'dirayakan' status kelajangannya.

Jika yang berulang tahun adalah perempuan, maka harus membersihkan gagang pintu dengan menggunakan sikat gigi. Cara ini dilakukan agar orang-orang yang melihat akan tahu bahwa dia tengah mencari pasangan.

Sementara untuk laki-laki, dia akan menyapu kantor wali kota atau jalanan sebagai tanda bahwa dirinya masih lajang dan tengah mencari tambatan hati.

Untuk menyelamatkan mereka yang sedang bersih-bersih, mereka harus dicium oleh orang-orang yang sedang lewat. Jika ada yang mencium, maka selesailah tugas bersih-bersih yang berulang tahun. Tradisi di Jerman yang unik, bukan?

Namun untuk saat ini, tradisi tersebut dilakukan hanya sekadar sebagai hiburan saja alias tidak benar-benar dilakukan dengan cara yang serius.