Gratis di Lapas Bone, Bisa Ngobrol Bareng Napi Via WhatsApp

BONEPOS.COM, BONE - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II Bone bikin inovasi baru. Yakni, kunjungan berbasis Online.

Fasilitas ini bisa dinikmati warga binaan yang jarang atau tidak pernah dikunjungi oleh keluarga.

Hal demikian dikatakan Kalapas Bone Lukman Amin yang dikonfirmasi Bonepos.com melalui Humas Lapas Ashar, Sabtu (25/1/2020).

Ashar menuturkan, pengunjung yang hendak membesuk tahanan kini bisa dilakukan tanpa harus datang ke lapas. Jadi para pengunjung dapat bertatap muka langsung melalui aplikasi WhatsApp dengan cara Video Call (VC).

"Jadi kita akan memanfaatkan teknologi yang hampir semua orang memilikinya yaitu WhatsApp (WA), dan sasarannya itu tidak semua warga binaan yang mendapatkan hal itu. Kita khususkan mereka yang jarang atau sama sekali tidak pernah dibesuk keluarga," papar Ashar.

Menurutnya, komunikasi terhadap keluarga itu sangat penting untuk pembinaan para warga binaan. Untuk itu, Lapas Bone berinovasi melakukan hal ini, dan Lapas bone baru pertama yang melakukan tersebut.

"Sebenarnya di Jawa juga sudah banyak yang memiliki aplikasi seperti itu, tapi sistemnya disana itu berbayar antara Rp1.500 dan Rp2.000 per menit, kita di Bone menghadirkan itu secara gratis," tambahnya.

Sistem ini nantinya masih diatur pengunaannya siapa-siapa saja yang tidak pernah sama sekali dikunjugi. Karena mengingat juga sementara baru 4 unit komputer bantuan dari pusat yang dapat digunakan.

"Kita sementara pendataan dulu. Jadi nantinya kita atur dan itu secara bergantian, selain itu durasinya juga pasti berbeda-beda, untuk sementara ini diberikan waktu dari 20 menit hingga 30 menit per orang," kuncinya. (her/ril)