Tangkal Virus Corona, PMI Kirim 10 Ribu Masker ke Hongkong

BONEPOS.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI), prihatin dengan meluasnya penyebaran virus Corona.

Sebagai bentuk kepedulian, PMI akan mengirim bantuan 10 ribu masker ke Hongkong.

Bantuan ini merupakan bagian dari upaya membantu Hongkong, yang dekat dengan China, dalam penanganan pencegahan.

Sekjen PMI Sudirman Said menuturkan hal itu dalam dialog bertajuk, 'Bagaimana Kita Menghadapi Virus Corona' yang diselenggarakan Radio SMART FM, di Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

"Bantuan ini merupakan bagian dari kerjasama antar perkumpulan palang merah internasional," ucap Sudirman.

Sudirman menyampaikan, guna mengantisipasi penyebaran virus Corona, PMI memperkuat koordinasi dan kerjasama dengan gerakan palang merah internasional.

Federasi Palang Merah Internasional (IFRC) yang beranggotakan Perhimpunan Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia terus memantau dengan ketat perkembangan situasi pandemik virus Corona.

Kata Sudirman, para Sekjen Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dari 52 negara melakukan konferensi online (webiner confrence). Itu dilakukan dengan tujuan untuk mendiskusikan perkembangan terkini dan menyusun langkah bersama mengantisipasi meluasnya penyebaran virus Corona.

Sudirman menjelaskan, PMI terus mendukung upaya pemerintah dalam melakukan mitigasi risiko dengan menggerakkan seluruh posko dan relawan.

"Pekan depan juga akan dilaksanakan pertemuan dengan PMI Cabang yang memiliki risiko paling tinggi bagi penyebaran virus Corona," tutur Sekjen PMI Sudirman Said.

Lebih lanjut Sudirman menyebutkan, PMI di 34 provinsi meningkatkan kesiapsiagaan. PMI di seluruh daerah, terutama di kota-kota yang berisiko sebagai perlintasan antar negara, terus meningkatkan kesiagaan.

Dan terkait dengan rencana evakuasi WNI dari Hubei yang akan dikarantina, PMI juga siap memberikan dukungan maksimal.

“Kemana pun warga kita akan diarahkan, relawan setempat akan memberikan dukungan,” kuncinya. (ril)