Virus Corona Makin Ganas, Harga Sarang Burung Walet Anjlok

BONEPOS.COM - ISTIMEWA Sarang Burung Walet

BONEPOS.COM, BONE - Para pengusaha dan pembudidaya sarang burung walet di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mengeluhkan harga sarang burung walet yang dalam sepekan terakhir mengalami anjlok

"Semenjak habis imlek dan munculnya virus corona harga sarang burung walet sangat anjlok," ungkap H Bustang salah saorang pengusaha sarang burung walet di Bone, kepada Bonepos.com, Senin, 3/2/2020.

Menutur Dia, harga burung walet biasanya mencapai Rp 10 juta hingga Rp 13 juta perkilogram. Namun dalam sepekan terakhir ini sarang burung walet mereka hanya dihargai Rp 7 juta hingga Rp 9 juta perkilogram.

Meski harga anjlok lanjut H Bustang, mau tidak mau Ia terpaksa harus menjual sarang burung waletnya dengan harga tersebut lantaran kebutuhan uang mendesak.

"Apa boleh buat ndi, saya sudah terlanjur panen dan saya juga butuh uang untuk kebutuhan keluwarga, jadi terpaksa saya jual," ujarnya.

Dia berharap, wabah virus corona ini segera teratasi sehingga harga jual sarang burung walet kembali normal dan para pembudidaya tidak terancam gulung tikar.

Sementara itu, salah seorang pengepul, Rudi menuturkan bahwa penyebab anjloknya sarang burung walet ini disebabkan pengaruh dari Virus Corona.

"Ini pengaruh virus corona di Tiongkok. Bahkan ada teman-teman pengepul juga yang tidak belanja, karena bergantung dari buyer masing-masing," ungkapnya. (kar/ril).