Pakai Tali, Brimob-Basarnas Berjibaku Evakuasi Korban

BONEPOS.COM, BONE - Tim harus kompak dan solid. Utamanya, mereka yang turun pada operasi pencarian dan pertolongan korban yang tertimpa musibah.

Tim resquer tidak hanya terdiri dari satu instansi saja, melainkan dari berbagai kalangan, seperti Basarnas, BPBD, TNI, Polri, dan berbagai unsur penyelamatan lainnya.

Agar tim kompak dan solid, maka dibutuhkan persamaan persepsi melalui latihan bersama.

Berawal dari sinilah Dantim SAR Brimob Yon C Pelopor Aiptu Muh. Nasrum berinisiatif mengunjungi Kantor Pos SAR Bone yang berlokasi di jl Yos Sudarso kota Watampone Kabupaten Bone, Selasa(4/2/2020).

Latihan ini juga didukung Komandan Batalyon C Pelopor Kompol Nur Ichsan. Katanya, mereka sudah sering bekerja sama di lapangan. Ketika terjadi bencana jadi latihannya harus sama-sama juga," kata Ichsan.

Pada kesempatan yang sama Ka Pos SAR Bone Andi Sultan, sangat senang dengan kegiatan sinergitas tersebut. Karena mampu memupuk kekompakan dalam pelaksanaan kegiatan ke depannya.

Adapun materi latihan gabungan ini adalah cara mengevakuasi korban bencana dengan menggunakan tali atau system tiroline transfer tandu.

Jadi tim resquer dituntut untuk bahu-membahu membuat ikatan dari tempat yang satu ke tempat yang lain dan memindahkan korban dari tempat yang berbahaya menuju tempat yang lebih aman.

Setelah kegiatan selesai acara ditutup dengan makan bersama di atas daun pisang dan duduk bersila. (ril)