Ayo ke Bone, Adu Kuat Ayam Jago Rp100 Juta

BONEPOS.COM, BONE - Sedikitnya ratusan ayam dari berbagai daerah akan berlaga dalam Festival Kontes Ayam Jawara Nusantara yang akan digelar di Kabupaten Bone, Sabtu (8/2/2020).

Kegiatan Festival Ayam Kontes Jawara Nusantara tersebut diselenggarakan Perkumpulan Pehobi Ayam Kontes Nusantara (PPAKN) DPC Bone.

Ketua DPC PPAKN Bone Andri yang ditemui mengatakan, salah satu maksud dan tujuan dilaksanakannya event ini untuk mengubah paradigma masyarakat apabila berbicara tentang ayam maka identik dengan perjudian.

"Nah, paradigma ini lah yang akan kami ubah. Kegiatan ini bagaimana para pehobi ayam berkumpul dan bersilaturahmi untuk mensosialisasikan visi tentang aktivitas hobi ayam kontes yang bebas dari judi," tuturnya.

Selain itu, dalam kontes ini bagaimana membuat para pehobi ayam atau peternak ayam lebih dapat menilai kualitas dan mengapresiasikan diri bagaimana merawat atau mengembangbiakkan ayam kontes kesayangannya.

Ajang kontes ayam Jawara Nusantara ini bisa dikatakan sangat bergengsi, lantaran akan diikuti beberapa peserta dari luar Kabupaten Bone. Hadiahnya pun, sangat besar.

"Hadiah yang kami siapkan itu ada 1 unit mobil dan 5 unit motor, dan beberapa hadiah doorprize lainnya. Tidak hanya itu, juga nanti ada ayam seharga ratusan juta akan bermain dalam event ini," ucap Rudi.

Rudi bilang, pelaksanaan kegiatan ini akan menghindari potensi terjadinya perjudian di luar. Pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi pemilik ayam yang ketahuan melakukan judi dengan cara mendiskualifikasi dari pertandingan.

"Untuk mengantisipasi hal itu, kami sudah bekerjsama dengan pihak kepolisian. Ketika terjadi hal demikian maka akan didiskulifikasi dari pertandingan dan apabila itu dilakukan oleh orang luar bukan pemilik ayam maka akan langsung dilaporkan ke pihak yang berwajib," tegasnya.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan ini ada beberapa turnamen, baik itu secara tim atau perorangan. Panitia optimis mencapai target 300 ayam yang akan ikut. (her/ril)