Strategi Brimob Bila Pilkada Serentak Sulsel Berjalan Anarkis

BONEPOS.COM, BONE - Menghadapi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, tidak main-main.

Buktinya, personel latihan Penindakan Huru Hara (PHH), Kamis (6/2/2020).

"Tujuan dari latihan ini adalah agar seluruh anggota memahami prosedur dan prinsip PHH. Sehingga tidak terjadi kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan tugas di lapangan, apalagi tugas pokoknya Batalyon Pelopor salah satunya adalah PHH," jelas Danyon C Pelopor, Kompol Ichsan.

Prinsip-prinsip yang harus dipedomani dalam PHh, kata Ichsan adalah legalitas, proporsional, prosesural, nesesitas, dan keterpaduan. Untuk itu, para Danki sebagai komandan di lapangan harus memahami ini.

"Kali ini, materi yang dilatihkan adalah cara menangani pengunjuk rasa yang mulai bertindak anarkis," ujar Danki 1 Yon C Iptu Andi Dahlan, yang memimpin latihan.

Sebagai salah satu fungsi Brimob yaitu PHH atau Penindakan Huru Hara maka setiap anggota harus memahami tahapan-tahapan dalam penanganan unjuk rasa sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 2 tahun 2019 agar tidak menyimpang dari prosedur yang berlaku.

Latihan ini dilaksanakan oleh personel Kompi 1, 2, 3, dan 4 Batalyon C Pelopor dan diawasi langsung pelaksanaannya oleh Danyon, Wadanyon dan Pasi Ops selaku penanggung jawab latihan. (ril)