6 Fakta Kehadiran Bioskop Planet Cinema Bone, Dari Fasilitas Hingga Didemo Warga

BONEPOS.COM, BONE - Rindu masyarakat Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang gemar nonton film perlahan terobati.

Sebab, terhitung, Jumat (7/2/2020) kemarin, Kabupaten yang dijuluki Bumi Arung Palakka ini telah memiliki tempat hiburan bioskop. Namanya, Planet Cinema, dimana pada hari ini, Sabtu, (8/2/2020) resmi dibuka untuk umum.

Berikut fakta-fakta yang dihimpun Bonepos.com tentang Planet Cinema Bone:

1. Lokasi

Planet Cinema Bone ini berlokasi di Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Macanang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone

Planet Cinema Bone berdiri tepatnya di bagian Utara jalan menuju kabupaten Wajo, tepatnya kurang lebih 600 meter dari Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Bone.

Pantauan Bonepos.com, lokasi Gedung Bioskop itu hanya berjarak beberapa meter dari lokasi permukiman warga di BTN Mahkota II.

2. Ikon Baru

Hadirnya Bioskop Planet Sinema, secara otomatis membuat Bone memiliki ikon baru, setelah sebelumnya Bone memiliki air mancur menari yang terletak di Taman Arung Palakka, Jalan Petta Ponggawae, Watampone.

Dengan adanya bioskop ini, diharapkan menjadi salah satu daya tarik bagi warga yang berada di luar kabupaten Bone, untuk datang berkunjung ke Bone.

3. Fasilitas

CEO PT Planet Sinema Indonesia, Herrieck Mulya, Kamis, (6/2/2020), mengatakan konsep entertainment terpadu yang dihadirkan di Planet Cinema Bone ini merupakan percontohan nasional.

Menurut Herrieck, bioskop yang dibangun di Bone tersebut mengusung konsep ala planet star wars, dimana interiornya menggambarkan meteor yang jatuh dari langit, dan hal ini pertama di Indonesia Timur.

Selain itu, lanjut Herrieck, Planet Sinema juga dilengkapi dengan fasilitas concession atau cafe bioskop, tempat kuliner indoor dan outdoor, tempat bermain atau playground, retail plaza dan atrium venue.

Tidak hanya itu, dengan bioskop yang menggunakan barco laser proyektor diklaim mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam dan lebih hidup dan didukung dengan kualitas suara Dolby Digital Surround versi 7.1

4. Izin

Sebelum bioskop tersebut di soft lounching, beredar kabar mengenai adanya kejanggalan izin operasi maupun izin lokasi yang dimiliki bioskop tersebut.

Namun hal ini buru-buru dibantah Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi. Dimana Dia menegaskan, perizinan Cinema Planet di Kabupaten Bone tidak ada yang bermasalah.

"Tak ada yang bermasalah diperizinan Planet Cinema ini. Saya sudah tanyakan dan telusuri semua, sebelum saya datang ke sini di acara launching ini. Semua perizinan Planet Cinema ini telah dipenuhi," tegas Fahsar usai meresmikan penggunaan Cinema Planet Indonesia, Jumat (7/2/2020).

5. Protes Warga

Bertepatan dengan soft launching, Planet Cinema, ratusan warga BTN Mahkota II menggelar aksi demo di pelataran parkir gedung bioskop bergaya modern itu.

Para warga menuntut keadilan terhadap pengelola bioskop terkait dampak banjir yang ditimbulkan pasca bioskop tersebut terbangun.

Salah satu warga dalam orasinya mengatakan, pembangunan Planet Cinema diduga banyak melakukan pelanggaran yang menyalahi aturan.

"Kami meminta kepada pihak Planet Cinema untuk hadir menemui kami, dan mencarikan solusi agar masyarakat Mahkota II tahap 2 tidak lagi tergenang banjir dikala hujan," ujar warga.

6. Membuka Peluang Investasi

Bupati Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi memberikan apresiasi atas pembangunan gedung bioskop yang akan menjadi cikal bakal pusat hiburan terpadu terbesar di kawasan timur Indonesia.

Menurut Bupati Fahsar, perkembangan Kabupaten Bone semakin pesat dimana saat ini sudah memiliki gedung bioskop berstandar nasional.

Tidak hanya itu, Bupati dua periode ini juga mengapresiasi hadirnya hotel bintang 3 plus di Bumi Arung Palakka ini. Dengan demikian, hadirnya bioskop di Bone semakin membuka peluang investor untuk masuk berinvestasi di Bone (ril)