Sekolah Tidak Ikut Geladi Bersih UNBK, Begini Konsekuensinya

BONEPOS.COM, BONE - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMP dan MTs tidak lama lagi dilaksanakan serentak.

Kepala Dinas Pendidikan Bone melalui Sekretaris Disdik Nursalam mengatakan, saat ini, pihaknya telah melakukan rapat evaluasi dan pemantapan pelaksanaan simulasi dan persiapan Geladi Bersih UNBK Tahun Pelajaran 2019/2020.

"Untuk persiapan gladi bersih UNBK SMP dan MTs, kita undang tim UNBK Provinsi Sulawesi Selatan dua orang untuk memberikan penjelasan, geladi bersih itu untuk menyambut UNBK tahun ini," kata Nursalam pada Bonepos.Com.

Ia menjelaskan, berbagai persiapan demi kelancaran UNBK telah dilakukan. Termasuk persiapan proktor dan help desk juga dilakukan untuk mengantisipasi potensi terjadinya masalah teknis ketika ujian berlangsung.

Sementara itu, staf bidang SMP/MTs Disdik yang juga panitia UNBK Ismail menegaskan, semua sekolah tingkat SMP/MTs wajib mengikuti geladi bersih. "Apabila tidak ikut, kemungkinan tidak bisa ujian UNBK nantinya," ungkap Ismail.

Sementara itu, untuk SMP, ada 123 sekolah yang berpartisipasi sedangkan MTs berjumlah 90 Madrasah.

Simulasi dan geladi bersih itu rencananya akan dilaksanakan pada 2 dan 3 Maret khusus untuk peserta didik, sedangkan pada 4 Maret 2020 simulasi untuk guru. (sug/ril)