Ada Ruang Isolasi Virus Corona di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Sinjai serius menanggapi akan ancaman penyebaran virus Corona yang saat ini berkembang pesat.

Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini mengganggu pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai Andi Suryanto Asapa mengatakan, untuk mengantisipasi wabah virus Corona ini, pihaknya sudah melakukan langkah dengan penyampaian secara tertulis ke semua Puskesmas dan RSUD untuk melakukan antisipasi melalui sosialisasi dan penyuluhan tentang virus Corona.

"Selain itu melakukan surveilans migrasi, yaitu pemeriksaan terhadap masyarakat pendatang, melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang gejala dan tanda-tanda yang ditimbulkan virus ini," jelas pria yang karib disapa Dedeth melalui pesan singkatnya di WhatsApp, Rabu (12/2/2020).

"Kita menghimbau untuk segera datang memeriksakan diri ke puskesmas maupun ke rumah sakit terdekat," sambungnya.

Andi Suryanto menambahkan, kalaupun jika ada masyarakat yang positif terjangkit virus ini, pihak Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai sudah menyiapkan dua ruang isolasi yang sudah sesuai standar nasional. Dilengkapi dengan SDM, alat, dan pakaian khusus.

"Untuk menghindari virus Corona ini maupun penyakit lainnya, maka diharapkan untuk terus menjaga kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Memakai masker bila berada di tempat-tempat khusus seperti bandara dan tempat umum lainnya," ungkapnya. (air/ril)