Unismuh-Pemkab Luwu Jalin Kerjasama, Begini Penjelasan Prof Rahman

BONEPOS.COM, LUWU - Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Abdul Rahman Rahim menandatangani kerjasama dengan Bupati Luwu, Basmin Mattayang, Kamis (13/2/2020).

Kerjasama tersebut terjalin pada acara peringatan HUT Kota Belopa ke-XIV di halaman belakang Rumah Jabatan Bupati Luwu.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Rahman usai penandatanganan menyampaikan, ruang lingkup kerjasama
meliputi bidang pendidikan, pelatihan, pengabdian masyarakat, dan pengembangan kewirausahaan, serta bidang lainnya yang dianggap perlu dan disepakati

Adapun tujuan kerjasama ini, kata Prof Rahman, untuk meningkatan pengetahuan, keterampilan, pengalaman, profesionalisme, dan pengabdian mahasiswa pada masyarakat.

Juga sekaligus meningkatkan akses dan mutu pelayanan, pendidikan, dan kebutuhan dasar lainnya bagi masyarakat di Kabupaten Luwu.

Kerjasama ini berjalan dalam jangka waktu 5 tahun terhitung sejak ditandatanganinya Nota Kesepahaman Kerjasama ini. " Dan dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak," tutur profesor pertama dosen tetap Yayasan Unismuh Makassar.

Pelaksanaan kerjasama ini akan dievaluasi setiap 1 tahun sekali. Nota kesepahaman kerjasama ini akan ditindak lanjuti oleh para pihak dengan menerbitkan perjanjian/kontrak kerjasama guna menentukan pelaksanaan program kegiatan sebagaimana dimaksud dalam pasal.

Tindak lanjut dari Nota Kesepahaman ini akan dibuat perjanjian kerjasama dari setiap ruang lingkup program yang tertuang dalam nota kesepahaman.

"Pembiayaan yang timbul sebagai akibat pelaksanaan program ini, akan diatur dalam perjanjian/kontrak kerjasama yang ditentukan berdasarkan anggaran dan kemampuan kedua belah pihak," sebutnya.

Pada saat penandatangan kerjasama ini disaksikan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mantan Gubernur Sulsel, HM Amin Syam, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Wali Kota Palopo, Judas Amir, Ketua Pusat Ikatan Kelurga Luwu, Buhari Qahar Muzakkar. (yya/ril)