Unhas dan British Council ‘Sulap’ Dosen Rangkap Pengusaha

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK) bekerja sama dengan British Council helat pelatihan kewirausahaan sosial. Temanya, 'Active Citizens Social Enterprise Training'.

Gelaran tersebut berlangsung di Aula LPMPP Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, sejak Selasa (11/2/2020) dan berakhir Jumat (14/2/2020).

Dosen Hubungan Internasional Unhas sekaligus sebagai fasilitator kegiatan, Muh. Ashry Sallatu menuturkan, tujuan kegiatan untuk melatih dosen membuat sosial enterprise (kewirausahaan sosial). Mereka lebih bagus dari sebelumnya. Kegiatan diikuti oleh dosen-dosen dari Unhas dan perguruan tinggi lain.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program pengembangan kewirausahaan sosial bagi dosen. Kita harapkan para peserta bisa merefleksikan konten dan metode pelatihan dalam kehidupan belajar dan mengajar, sekaligus untuk mendukung program kewirausahaan Unhas,” papar Ashry.

Ashry melanjutkan, peserta yang mengikuti pelatihan diharapkan bisa menjadi lebih peduli dan percaya diri dalam memimpin komunitas atau perusahaan sosial.

Selain itu, diharapkan dosen memperkuat kemampuan dalam berkomunikasi, membangun hubungan baik dengan pihak internal dan eksternal sekaligus meningkatkan pemahaman terhadap kewirausahaan sosial yang berkelanjutan.

Pelatihan berlangsung dengan metode partisipatif, dimana peserta menerima materi dan sekaligus praktek. Dengan metode ini, diharapkan peserta lebih mudah mencerna topik-topik yang disajikan.

Kegiatan diikuti oleh 32 peserta dari kalangan dosen lingkup Unhas dan beberapa dosen dari perguruan tinggi lainnya. (isq/ril)