MoU UMI-UHO Jawab Tantangan Era 5.0

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar bersama Universitas Halu Oleo (UHO) jalin kerjasama. Hal itu ditandai penandatanganan MoU, di Aula Fakultas Kedokteran UHO, Kendari, Sabtu (15/2/2020).

Rektor Universitas Halu Oleo, Muhammad Zamrun menjelaskan, pilihan kerjasama dan meminta dukungan UMI sangat tepat. Lantaran UMI merupakan lembaga pendidikan terakreditasi insitusi 'A'.

"Keinginan UMI untuk membantu kami merupakan rahmat bagi kami. Karena itu secara institusi dan pribadi kami ucapkan terima kasih atas kemurahan hati Rektor UMI beserta jajarannya, membantu kami," tuturnya.

"Kami berharap, kerjasama UMI dan UHO tidak hanya sebatas bantuan dan dukungan kepada kami khususnya di Fakultas Kedokteran UHO, tapi beberapa hal dalam bidang tri dharma perguruan tinggi akan dikembangkan ke depan, bisa lebih banyak dikerjakan dalam pengembangan kedua institusi," tambahnya.

Lanjut dikatakan Zamrun, Universitas Muslim Indonesia, merupakan perguruan tinggi swasta yang tidak asing lagi. Alumni SMA yang akan melanjutkan studi, kuliah di Makassar, jika dia mencoba test di Unhas dan tidak lolos maka pilihannya pasti ke UMI.

"70 sampai 80 persen mahasiswa Sultra adalah mahasiswa UMI, dan di UHO beberapa pimpinan merupakan alumni UMI," sebutnya.

Sementara itu, Rektor UMI, Basri Modding dalam sambutannya berujar, menyambut era 5.0, sinergitas antar lembaga sangat penting. Ke depan kalau ingin maju maka harus membangun kerjasama, harus bersinergi bukan berkompetisi, untuk menang dan kalah.

Hal ini juga ditekankan dalam agama, pentingnya kerjasama, silaturrahmi, dan saling mendukung.

"Kehadiran kami di UHO, bertujuan untuk kita bersama, kedua institusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan bantuan kepada 65 orang mahasiswa UHO," jelas Basri.

Guru besar fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini menambahkan, membantu sesama institusi, bagi UMI, tidak baru sekarang, sebelumnya juga memberikan bantuan kepada Universitas Gorontalo dan beberapa PT di Luar Sulawesi.

Tampak hadir lengkap mendampingi kunjungan Rektor UMI ke UHO, Wakil Rektor I, Hanafi As'ad, Wakil Rektor II, Salim Basalamah, Wakil Rektor III, La Ode Husen, Wakil Rektor IV, Zain Irwanto, Wakil Rektor V, Hattah Fattah, Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Syarifuddin Wahid, Dekan FKM UMI, Sudirman, dan Kepala Humas UMI, Nurjannah Abna.

Dari jajaran pimpinan UHO juga lengkap mulai Ketua Senat, Wakil Rektor dan Pimpinan Fakultas dan Lembaga dalam lingkup Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. (ril)