Dirjen Dukcapil: Laporkan Kalau Ada Pembayaran Pembuatan KK, Kartu Identitas Anak, dan KTP Elektronik

BONEPOS.COM, BIMA - Seluruh pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil (Disdukcapil), tidak dipungut biaya sepeser alias gratis.

Mulai dari pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), hingga KTP elektronik.

Demikian ditegaskan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh dalam rangkaian lawatannya Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengunjungi Dinas Dukcapil Kota Bima, Disdukcapil Kabupaten Bima, dan Disdukcapil Kabupaten Dompu.

Prof Zudan mengingatkan, petugas pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) jangan sekali-kali menarik biaya dari masyarakat.

Kalau kemudian ada petugas pelayanan Adminduk yang memungut biaya atas jasa layanan pembuatan dokumen kependudukan, masyarakat diminta segera melapor ke pemerintah daerah setempat supaya petugas bersangkutan bisa segera ditindak tegas.

"Keputusan menggratiskan seluruh biaya pengurusan administrasi kependudukan merupakan kebijakan pemerintah pusat. Jadi sampai di tingkat bawah keputusan tersebut harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh," tegasnya di Kota Bima, Sabtu (15/2/2020). (rls/ril)