BONEPOS.COM, JAKARTA – Hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah Kabupaten Sumbawa. Kondisi tersebut memicu banjir di beberapa lokasi di Kecamatan Lantung dan Rhee pada Senin (17/2/2020).

BPBD Kabupaten Sumbawa menyiagakan personel untuk mengantisipasi dampak atau kejadian lain yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

BPBD setempat juga terus memantau perkembangan dan mengawasi debit air di sungai-sungai di wilayah kabupaten.

Berdasarkan informasi Pusdalops BPBD Kabupaten Sumbawa, hingga pukul 18.20 waktu setempat hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Sumbawa.

Sementara itu, peristiwa banjir mulai menggenangi pemukan pada sore sekitar pukul 15.30 waktu setempat (wita). Ketinggian air di Desa Lantung mencapai kurang dari 1 meter dan kondisi genangan telah surut, sedangkan ketinggian air di Desa Sepukur sebatas kolong rumah.

Ada sekitar 32 unit rumah terdampak genangan banjir di dua desa tersebut. BPBD melaporkan tidak ada korban jiwa akibat banjir ini.

Pantaun Pusdalops menyebutkan, hujan lebat menggenangi jalan raya di Desa Luk, Kecamatan Rhee. Genangan air disebabkan meluapnya debit air sungai di wilayah desa itu.

BPBD Kabupaten Sumbawa memiliki call center 0371-2629579 atau operator pusdalops 082340145845 untuk merespon warga apabila membutuhkan bantuan di saat darurat. Menghadapi potensi bahaya banjir, warga diimbau untuk selalu memonitor informasi peringatan dini BMKG dan informasi kesiapsiagaan dari BNPB dan BPBD. (ril)