Tak Lolos Semi Final, Indonesia Masuk Ke Babak Final Piala Uber Cup 2020. Mengapa?

BONEPOS.COM - 16 negara peserta untuk putaran Piala Thomas dan Uber 2020 telah dirilis. Beruntung, tim putra-putri Indonesia bisa maju ke final.

Berdasarkan peraturan Badminton World Federation (BWF) ada empat cara yang bisa dilalui kontingen negara untuk lolos ke Piala Thomas dan Uber, yakni pemenang Piala Uber 2018, tuan rumah Piala Thomas dan Uber, dan 14 slot lainnya.

Empat belas slot itu terdiri dari empat semifinalis dari Asia, empat semifinalis dari kejuaraan Eropa, pemenang dari kejuaraan Afrika, pemenang dari Oceania, pemenang dari Pan Am, dan tiga peringkat terasa berdasarkan ranking dunia.

Nah, tim putri Indonesia tetap berhak tampil di putaran final Piala Uber 2020 meskipun gagal menembus semifinal Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2020.

Greysia Polii dkk memang terhenti di perempatfinal Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2020 usai disingkirkan Jepang dengan skor 0-3. Tapi tetap lolos ke Piala Thomas-Uber 2020 di Denmark 16-24 Mei mendatang karena menempati peringkat ketiga dunia.

Selain Indonesia, yang lolos berdasarkan perhitungan peringkat dunia ini adalah Taiwan (peringkat 5) dan India (peringkat 9). Sementara satu tempat dipastikan Jepang sebagai juara bertahan Piala Uber dan satu lagi diamankan Denmark sebagai tuan rumah.Empat tim terbaik di BATC 2020 yang juga berhak lolos yaitu Jepang, Korea, Thailand, dan Malaysia. Karena Jepang merupakan juara bertahan Piala Uber, slotnya digantikan China. Meskipun China tak ikut BATC 2020, tapi dari segi rangking paling unggul di Asia.

Sementara empat slot dari Eropa diamankan Prancis, Jerman, Skotlandia, dan Rusia. Sedangkan tiga slot dari juara Oseania, Pan Amerika, dan Afrika masing-masing direbut Australia, Kanada, dan Mesir secara berurutan.

Peserta Piala Thomas 2020
Tuan rumah: Denmark
Juara Bertahan: China
Asia: Indonesia, India, Jepang, Malaysia
Eropa: Prancis, Belanda, Rusia, Inggris
Pan-Amerika: Kanada
Afrika: Aljazair
Oseania: Australia
Berdasarkan Ranking Dunia: Taiwan, Korea Selatan, Thailand.

Peserta Piala Uber 2020
Tuan Rumah: Denmark
Juara Bertahan: Jepang
Asia: Korea Selatan, Malaysia, Thailand, China
Eropa: Prancis, Jerman, Skotlandia, Rusia
Pan-Amerika: Kanada
Afrika: Mesir
Oseania: Australia
Berdasarkan Ranking Dunia: Indonesia, Taiwan, India.