Pria Ini Mematung Selama 7 Jam di Trotoar, Ternyata…

BONEPOS.COM - Seorang pria paruh baya terlihat berdiri mematung di trotoar pinggir jalan Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, pada Rabu (26/2/2020). Pria tersebut membuat heboh warga karena tak beranjak meski telah terguyur hujan.

Pria baju batik coklat tersebut tetap mematung dan sama sekali tidak merespon saat dipanggil warga yang melintas. Dilansir dari Tribun Jateng, diyakini pria tersebut berdiri tanpa bergerak sekitar 7 jam di tempat yang sama.

Warga sekitar yang melihat pria tersebut tak berani bertindak karena takut. Mereka kemudian melaporkan ke Satpol PP. Tak berapa lama, petugas Satpol PP tiba di lokas untuk mengevakuasi pria tersebut.

Saat dievakuasi, kondisi pria tersebut masih bernapas. Di tubuhnya tak ditemukan satu pun kartu identitas. Satpol PP hanya menemukan obat bertuliskan Mr. X.

Kepala Bidang Ketertiban dan Ketenteraman Satpol PP Kebumen Katut Waluyo mengatakan ada dugaan pria tersebut orang dengan ganguan jiwa(ODGJ).

"Dia kategori ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa)." "Kita laksanakan evakuasi,"katanya. Katut menjelaskan tidak ada identitas yang melekat pada tubuh pria itu. Hanya saja petugas menemukan bungkus obat dengan tulisan Mr X dengan alamat Purworejo.

Katut menduga, pria itu pernah di tangani di Purworejo sebelum ditemukan mematung di pinggi jalan di Kebumen. Katut mengaku tak mengatahui alasan pria itu berdiri mematung dalam waktu cukup lama di pinggir jalan. Menurutnya pihaknya hanya mengevakuasi pria tersebut ke Puskesmas Pejagoan yang juga menangani pasien ODGJ. Oleh karena itu pihaknya tak mengetahui detail kondisi pria itu, serta perkembangannya usai dievakuasi.

"Kami hanya evakuasi, selanjutnya itu kewenangan Puskesmas yang menangani,"katanya.