Selangkah Lagi, Warga Bone Terbangkan Helikopter Rp10 Juta

Warga Desa Kawerang, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Kahar (40), bercita-cita sejak kecil, bisa bikin helikopter.

BONEPOS.COM, BONE - Warga Desa Kawerang, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Kahar (40), bercita-cita sejak kecil, bisa bikin helikopter.

Mimpi tersebut perlahan mulai terwujud. Bapak dua anak ini, diketahui jebolan STM Makassar.

Kahar berhasil merakit sebuah helikopter. Tinggal menunggu percobaan untuk terbang.

Saat ditemui di rumahnya, Kahar yang kesehariannya sebagai tukang las ini bisa merakit sebuah helikopter dengan modal belajar di YouTube dan Google. Alat yang dipakai, seadanya.

"Saya mulai merakit ini sejak Ramadan 2019 lalu, namun saya tidak terlalu fokus mengerjakannya, karena kalau banyak orderan masuk saya fokus kerja dulu," kata Kahar, Jumat (28/2/2020).

Lanjut dia bilang, saat mulai merakit helikopter ini, dia sering mendapat komentar negatif dari warga. Namun, Kahar tetap gigih dan tidak memperdulikan komentar miring orang lain. Dia tetap beroptimis, apa yang dimulainya ini akan berhasil.

Helikopter yang dirakit oleh Kahar ini sudah mengeluarkan biaya sekitar Rp10 juta. Selain itu, dia menggunakan bahan-bahan seadanya dari sisa-sisa besi las.

"Mesinnya dari mobil carry, dulu saya beli bekas. Ukurannya, tinggi 2 meter, panjang sekitar 2,5 meter sementara beratnya diperkirakan kurang lebih 180 kg lebih," tambahnya.

Lanjut kata Kahar, sejauh ini perkembangannya sudah sangat jauh. Hanya saja memang membutuhkan mesin yang dirakit khusus agar bisa mampu terbang, dan memang sangat rumit jika helikopter dibandingkan dengan pesat terbang. Karena kalau pesat terbang itu memiliki landasan baru bisa terbang.

"Intinya saya tetap optimis bisa terbang, dan bisa mengharumkan nama daerah khususnya kabupaten Bone," harapnya. (her/ril)