BCL Kembali Manggung, Nitizen Malaysia Nyinyir

BONEPOS.COM - Usai berkabung selama sepuluh hari sepeninggalan Ashraf Sinclair, Bunga Citra Lestari atau disapa BCL kembali tampil perdana di SQ Dome di Cilandak, Jakarta Selatan pada Jumat, 28 Februari 2020.

Di antara ribuan dukungan kepada ibunda Noah Sinclair ini, ada juga netizen dari Malaysia yang berkomentar negatif atas aksi manggungnya kembali yang dinilai terlalu cepat dan melanggar syariat.

"Eh masih dalam masa iddah kan," tulis akun @ abunouzeynaj. Kemudian komentar tersebut memancing netizen lainnya yang setuju dengannya. "Iya harusnya masih dalam masa iddah," tulis akun @amchomel.

Komentar nyinyir ini terlontar saat akun Instagram stasiun radio Malaysia, Hot FM mengunggah video BCL yang bernyanyi di SQ Dome itu pada Jumat, 28 Februari 2020. Menurut mereka, BCL tidak seharusnya menyanyi di atas panggung karena masih menjalani masa iddah yang diperuntukkan kepada wanita yang berpisah dengan suaminya baik dengan cara bercerai ataupun meninggal dunia.

Masa iddah berlangsung selama 4 bulan 10 hari atau melewati siklus haid sebanyal 3 kali.

"Bedakan orang yang bergaji dengan orang yang gajinya tidak habis tujuh turunan. Lepas 3 atau 4 bulan nyanyilah sepuas-puasnya," kata akun @abunouzeynaj semakin ngotot.

Ucapan ini mendapatkan dukungan dari netizen beralamat @iamnourrellmell311 yang berkomentar amat negatif. "Apa yang saya pelik tentang Indonesia ini, ustad-ustadnya banyak, banyak juga orang alim tapi tidak ada seorangpun yang menasihati tata cara seorang wanita Islam yang tinggal mati suami."

Walaupun begitu, lebih banyak yang memberikan dukungan kepada BCL di tengah duka yang masih menyelimutinya itu, ketimbang yang menyerangnya. Mereka memakluminya dan mengerti dengan situasi BCL saat ini.

"Dia kerja untuk anaknya supaya bisa makan. Kalau dia batalkan dituntut bagaimana?" tulis akun @eykin_ismail. "Untuk urusan kerja tidak jadi masalah walaupun dalam masa iddah, dia kerja untuk mencari uang bukan untuk mencari laki-laki baru," tulis akun @jahirahhassan. "Kontrak kerja harus juga dilaksanakan. Harus profesional," tulis akun @halida_ayuningtyas.

"Berpikir positif aja kontrak kerjanya mungkin sudah lama terjadi kita gak tahu ajal menjemput. BCL tahu kapan selesai masa iddah. BCL kerja entertainment tetap profesional berusaha menjadi wanita kuat di depan penonton. Padahal hati masih berduka. Saya tahu mertua dan keluarga almarhum Ashraf memberi dukungan untuk BCL untuk beraktivitas kembali," tulis akun @thea6650.

Hal tersebut terbukti pada unggahan adik ipar dan mertua BCL yang memberikan dukungan untuk penampilannya di atas panggung setelah 10 hari meninggalnya Ashraf. Aishah Sinclair, adik iparnya juga bangga ketika melihat BCL kembali bernyanyi di atas panggung. "Kata-kata tidak bisa menggambarkan betapa bangganya saya terhadap kakak ipar saya," tulisnya di Instagram pada Sabtu, 29 Februari 2020.

Mohamed Anthony John Sinclair, ayah dari Ashraf Sinclair ini pun merasa bangga terhadap BCL yang bangkit kembali setelah kepergian suaminya. Hal ini diungkapkannya jelang BCL tampil di konser Ronan Keating pada Sabtu, 29 Februari 2020. "Sangat bangga dengan wanita muda ini! Selamat menikmati konser akhir pekan ini," tulis Mohamed di Instagramnya pada Jumat, 28 Februari 2020.

Teranyar, penyanyi Malaysia Yuna, yang juga istri Adam Sinclair, adik bungsu Ashraf Sinclair mengunggah foto saat BCL tampil dalam konser Ronan Keating di Jakarta, Sabtu, 29 Februari 2020

"Kakakku menyanyi dari hati malam ini di Jakarta. Saya berharap saya ada di sana, terima kasih kalian yang berada di sana untuk mendukungnya. Aku mencintaimu @bclsinclair, begitu bangga padamu," tulisnya pada Ahad, 1 Maret 2020.