Deng Ical Bahas Pengarusutamaan Gender di Melayu

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fauzi Andi Wawo gelar sosialisasi peraturan daerah No.1 tahun 2016 tentang Pengarusutamaan Gender.

Gelaran tersebut dilangsungkan di Jl Muna, Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo, Makassar, Sabtu (29/2/2020).

Selain Fauzi A Wawo, Syamsu Rizal (Deng Ical) bersama dengan Wakil ketua bidang perempuan PKB, Muslimah Zuhdi juga hadir sebagai narasumber.

Dalam sambutannya Andi Fauzi Wawo, merasa senang bisa menyapa kembali warga kelurahan Melayu dalam bentuk sosialisasi perda. Hal ini bertujuan untuk memastikan warga mengetahui produk hukum daerah.

"Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya senang bisa bertemu kembali dan bertatap muka dengan konsituen saya dalam kegiatan sosialisasi perda pengarusutamaan gender," ujar Uci sapaan akrabnya.

Menurutnya, perda ini sangat penting untuk dipahami warga, agar kita mengetahui bagaimana peran laki-laki dan perempuan dalam kehidupan sosial, politik dan ekonomi.

Di tempat yang sama, Deng Ical menuturkan, bagaimana pentingnya peran laki-laki dan perempuan dalam pandangan peraturan daerah No. 1 tahun 2016 tentang pengarusutamaan gender.

"Yang harus kita pahami semua, bahwa tidak ada lagi kesenjangan peran antara laki-laki dan perempuan, semua punya hak dan kewajiban yang sama dimata hukum, jadi semua orang berhak memperoleh kualitas hidup yang sama dan tidak boleh didiskriminasi," sebut Deng Ical.

Lebih lanjut, Deng Ical menambahkan bahwa potensi perempuan harus di optimalkan betul untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

"Jangan ki lagi berfikir bahwa perempuan hanya kerja urusan dapur, tetapi perempuan juga bisa bekerja membantu ekonomi keluarga, jika di optimalkan dengan baik maka akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Apalagi data sekarang menunjukkan jumlah perempuan lebih banyak di banding laki-laki," tandasnya. (ril)