Cerita Tes Tertulis Calon PPS di Bangku SMP

BONEPOS.COM, LUWU UTARA - Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (PPK) Sabbang Selatan (Sabsel) mengawasi secara ketat pelaksanaan tes tertulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara di SMPN 1 Sabbang Selatan, Desa Dandang.

Pengawasan yang dilakukan pada Rabu (4/3/2020) sore ini guna memastikan proses pelaksanaan tes tertulis tersebut dilakukan oleh KPU Kabupaten Luwu Utara dibantu PPK Sabbang Selatan sesuai dengan prosedur yang ada.

Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) Panwaslu Sabbang Selatan, Ismail mengaku, pengawasan terkait tes tertulis PPS dilakukan untuk memastikan berjalan sesuai petunjuk teknis yang ada.

Ia melanjutkan, berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan dari 83 orang calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), diketahui sebanyak 7 orang tidak mengikuti tes tertulis.

"Kita memastikan tes berjalan sesuai aturan, tetapi juga guna memastikan para calon anggota PPS nanti benar-benar orang memenuhi persyaratan untuk menjadi penyelenggara pemilihan seperti yang tercantum di aturan yang berlaku," ungkap Ismail.

Ia menambahkan, sejauh ini belum ditemukan adanya potensi dugaan pelanggaran dalam tahapan tes tertulis PPS ini.

"Kita juga mengimbau masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam membantu pengawasan ini. Jika diketahui ada yang tidak sesuai prosedur, dapat menyampaikan kepada Panwaslu Kecamatan agar dapat kita cegah jangan sampai terjadi dugaan pelanggaran," harapnya. (jus/ril)