Demi Konten Tiktok, Tiga Mobil Ini Melaju Zig Zag di Underpass

BONEPOS.COM - Viral video mobil yang melaju zig-zag di Underpass Kentungan, Sleman. Video tersebut beredar di media sosial hingga panen hujatan netizen. Dalam video itu terlihat tiga mobil yang melaju zig-zag di jalanan underpass.

Ternyata video itu dibuat untuk kepentingan konten TikTok agar viral. Bukannya viral bermanfaat, justru video tersebut membuat para sopirnya ditilang polisi karena bisa membahayakan pengguna jalan lain.

1.Jadi Viral di media sosial

makLambeTurah#Paling CakepšŸ„° Ā @makLambeTurah

Akibat korban tiktok....

Embedded video
2,458 people are talking about this

Video tersebut diunggah di TikTok oleh salah seorang sopir mobil tersebut. Video itu lantas diunggah kembali oleh akun Twitter @makLambeTurah pada hari Minggu (01/03/20) lalu. Dalam video tersebut terlihat 3 mobil yang melaju zig-zag di Underpass Kentungan, Sleman dan diselipkan lagu khas TikTok.

ā€œAkibat korban TikTok,ā€ tulis keterangan dalam unggahan @makLambeTurah.

Dalam video berdurasi 43 detik itu, ketiga mobil tampak tidak menyalakan lampu utama. Di tengah video, mobil-mobil tersebut menyalakan lampuĀ hazard. Video itu langsung dibanjiri hujatan dari netizen karena dinilai membahayakan pengguna jalan lain.

2.Hanya ingin viral

news.detik.com

Dilansir dari Detik.com, Senin (02/03/20), video iring-iringan tiga mobil melaju zig-zag di Underpass Kentungan, Sleman mengikuti alunan musik ala TikTok viral. Video itu ternyata dibuat pemilik rental mobil.

"Pengendara ini sekelompok pemilik rental. Saat malam kejadian itu mereka secara iseng membuat video TikTok di Underpass Kentungan yang menurut mereka baik tapi memang merupakan pelanggaran," kata Kaur Bin Ops (KBO) Sat Lantas Polres Sleman, Iptu Riki Heriyanto di Mapolres Sleman, Senin (2/3/2020).

Iptu Riki membenarkan jika video tersebut diambil di Underpass Kentungan, Sleman. Video TikTok itu ternyata sudah dibuat sejak 16 Februari lalu. Riki memastikan jika para pelaku sudah mendapat tindakan penilangan dari polisi. Akibat konten TikTok, para pelaku dihadiahi surat tilang dari polisi.

"Iya benar video itu dilakukan di Underpass Kentungan," tutur Riki.

3. Bahayakan pengguna jalan lain

www.krjogja.com

Dalam akhir video yang diunggah @makLambeTurah itu, tampak keempat pelaku diapit dua anggota Polantas mengucapkan permintaan maaf atas perbuatan mereka yang membahayakan pengguna jalan lain.

Polisi mengambil langkah penilangan karena dikhawatirkan perbuatan para pelaku ditiru oleh orang lain. Di samping itu, apa yang para pelaku lakukan tentunya sangat membahayakan pengguna jalan lain dan membahayakan diri sendiri.

"Sebetulnya saat zig zag dilakukan di underpass, tapi karena melakukan itu bisa mengganggu konsentrasi lalu berakibat fatal. Tindakan itu juga bisa mengganggu pengendara lain," kata Riki.

Akibat terburuk dari manuver zig-zag tersebut dikhawatirkan pengemudi kehilangan kendali hingga menabrak dinding atau pembatas jalan dan bisa menimbulkan kecelakaan beruntun.

"Bisa juga sampai melompati divider atau dia tertabrak kendaraan di belakangnya karena sama-sama TikTok juga, mereka jadi tidak fokus," jelas Riki.

Iptu Riki juga memperingatkan para pengguna jalan untuk tidak melakukan tindakan berbahaya di jalanan terlebih hanya untuk konten media sosial. Hal ini dikarenakan tidak hanya membahayakan diri sendiri namun juga membahayakan pengguna jalan lain dan bisa mengganggu perjalanan.