Catat, Bone Siap-siap Jadi Kota Tambang, Begini Alasannya – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel Best Automated Bot Traffic

Catat, Bone Siap-siap Jadi Kota Tambang, Begini Alasannya

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BONE – Potensi pertambangan di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, ternyata besar. Seluruh kecamatan memiliki potensi untuk itu.

Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian Kabupaten Bone, Khalil menyampaikan, 27 kecamatan di Bone diusulkan masuk wilayah tambang. Prosesnya sementara berjalan.

“Kami mendukung untuk proses perizinan. Dan Perindustrian siap bantu,” jelas Khalil dalam Diskusi Pertambangan dengan tema, “Tambang untuk Siapa?”. Gelaran ini dilaksanakan di salah satu kafe di Bone, Selasa malam (10/3/2020).

Baca Juga  Barebbo Bone Wujudkan Kawasan Bebas Pungli, Camat: Masyarakat Percaya Kami

Khalil mengemukakan, tambang itu mengubah lingkungan, bukan merusak lingkungan.

Sekadar diketahui, ada 12 kecamatan di Kabupaten Bone yang dibolehkan masuk dalam area pertambangan, sesuai Perda 2/2013 tentang Wilayah Pertambangan.

12 daerah tersebut, yakni Kecamatan Sibulue, Ponre, Kajuara, Kahu, Bontocani, Patimpeng, Libureng, Lamuru, Ajangale, Salomekko, Palakka, dan Lappariaja.

Sebelumnya, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pertambangan di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, juga ternyata tidak sedikit.

Baca Juga  Aduh, Rp2,4 Miliar Sumber PAD dari Tambang di Bone Lenyap Setiap Tahun

Salah satu narasumber yang hadir, yakni Direktur Eksekutif Walhi Sulsel, Muhammad Al Amin. Dikatakannya, silahkan melaksanakan aktivitas tambang. Asalkan berizin.

“Jangan sembunyi-sembunyi. Risikonya bisa bencana,” jelas Amin.

Tidak sampai disitu saja, kontribusi pertambangan di Kabupaten Bone sebagai sumber PAD, disampaikan Amin bisa mencapai Rp2,4 miliar. Hanya saja lenyap setiap tahun. (har/ril)

Temukan Kami:
  • Bagikan