Kesbangpol Harus Bergerak Cepat, Deteksi Dini Konflik di Masyarakat

BONEPOS.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) gelar rapat koordinasi (Rakor) penanganan konflik sosial yang dilaksanakan di ruang rapat Gedung B Kantor Bupati Sinjai, Kamis (12/3/2020).

Rapar tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar Mukmin yang dihadiri oleh Plt Kepala Badan Kesbangpol Andi Jefrianto Asapa, Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan, Dandim 1424 Sinjai, pihak Kejaksaan Negeri Sinjai, BIN, intelkam Polres Sinjai, Camat, Lurah dan Kepala Desa serta instansi terkait lainnya.

Andi Jefri menuturkan, rapat koordinasi tim penanganan konflik sosial ini setiap tahun diperbaharui. Kali ini, dalam rapat perdana membahas akan langkah-langkah deteksi dini terkait potensi-potensi konflik yang bisa terjadi di Kabupaten Sinjai.

Dalam rapat ini, ada beberapa indikasi-indikasi potensi konflik yang harus diantisipasi oleh para Camat, Lurah, Kepala Desa serta OPD terkait.

Diharapkan, dengan dilakukannya deteksi dini seperti ini tidak akan berkembang dan tidak sampai terjadi konflik yang besar. Khususnya untuk masyarakat kabupaten Sinjai.

"Kita berharap jangan sampai pada saat konflik tersebut terjadi baru dilaporkan, tetapi informasinya harus lebih cepat dilaporkan maka kita akan melakukan pencegahan lebih dini," tuturnya.

Andi Jefri berpesan, mudah-mudahan tim penanganan konflik sosial ini mampu bekerja maksimal. (air/ril)