162 Siswa SD Bone Berebut Tiket ke Makasar

BONEPOS.COM, BONE - Sebanyak 162 peserta bersaing dalam Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN SD/MI) Tingkat Kabupaten Bone, 2020. Total 162 peserta bersaing.

Kegiatan Dinas Pendidikan Kabupaten Bone tersebut dipusatkan di SD Inpres 6/75 Corawali, Kecamatan Barebbo, Kamis (12/3/2020).

Ketua Panitia Sri Jumiati, dalam laporannya menyebutkan, peserta bersaing dalam KSN SD/MI, terdiri dari perwakilan kecamatan 6 peserta masing-masing 3 orang mengikuti Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam dan Bidang Studi Matematika.

"Peserta yang bersaing di tingkat Kabupaten ini ada 27 Kecamatan yang diwakili masing-masing 6 peserta, tiga bidang studi IPA dan tiga bidang studi Matematika. Mereka semua peserta terbaik hasil seleksi dari tingkat gugus sampai kecamatan," ujarnya.

Sri menambahkan, naskah soal dalam KSN berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Pusat Prestasi Nasional.

"Tiga peserta terbaik dari masing-masing bidang studi akan menjadi perwakilan Kabupaten Bone ke KSN SD/MI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang rencananya berlangsung April mendatang di Makassar," kata Kasi Kesiswaan Disdik Bone itu.

Sekretaris Dinas Pendidikan Bone Nursalam, ketika membuka KSN-SD-MI menyampaikan rasa bangga kepada semua peserta yang telah terpilih melalui seleksi mulai dari tingkat gugus sampai kecamatan.

"Kami himbau kepada semua peserta untuk tetap fokus pada penyelesaian soal-soal yang dihadapi agar memperoleh nilai yang optimal," harap Nursalam.

Selain itu Nursalam juga berharap agar pelaksanaan KSN tahun depan bisa lebih baik. "Maksudnya selain peserta dari siswa menjawab soal, pendamping masing-masing dari sekolah sebaiknya dibuatkan kegiatan sejenis. Misalnya seminar atau diskusi berkaitan dengan pembelajaran materi KSN," ungkapnya. (sug/ril)