Jangan Mengeluh, Pemda Harus Kreatif Atasi Keterbatasan SDM dan Keuangan

BONEPOS.COM, JAKARTA – Kepala Pusat Fasker Nelson Simanjuntak menyampaikan, dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan pembangunan di daerah, pemerintah dituntut agar lebih kreatif dan inovatif untuk mengatasi keterbatasan sumber daya, baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya keuangan.

“Salah satu upaya untuk mengatasi keterbatasan tersebut adalah melalui kerja sama daerah,” kata Nelson pada Rapat Koordinasi Kerja Sama Teknik dan Kerja Sama Sister City/Sister Province, Kamis, (12/03/2020) di Jakarta.

Nelson menambahkan, kerja sama daerah sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah merupakan usaha bersama antara daerah dan daerah lain, antara daerah dan pihak ketiga, dan/atau antara daerah dan lembaga atau pemerintah daerah di luar negeri.

"Yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik, serta saling menguntungkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nelson memaparkan, penyelenggaraan kerja sama daerah dengan pihak luar negeri dalam kerangka kerja sama teknik dan kerja sama sister juga dimaksudkan sebagai wahana dan sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan antar negara, menyelaraskan pembangunan daerah, mensinergikan potensi antar daerah dengan pemerintah daerah atau lembaga di luar negeri.

“Serta mendorong pengembangan ekonomi untuk mengedepankan kesejahteraan masyarakat, sebagai daya ungkit terhadap kualitas Sumber Daya Manusia dan katalisator inovasi, serta lokomotif menuju good governance,” ujarnya.

Bukan hanya itu, saat ini kerja sama dengan pihak luar negeri sudah menjadi suatu keharusan dalam era globalisasi. “Selain untuk meningkatkan persahabatan antar bangsa dan diharapkan juga untuk dapat mencapai tujuan bersama dalam rangka mendukung tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),” tandas Nelson. (ril)