1.007 Merpati Hias Terbangkan Rekor Dunia ke Bone, Begini Ceritanya

BONEPOS.COM - SUGIANTO Kontes merpati hias skala nasional pertama kalinya digelar di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, berhasil memecahkan rekor dunia.

BONEPOS.COM, BONE - Kontes merpati hias skala nasional pertama kalinya digelar di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, berhasil memecahkan rekor dunia.

Kontes ini digelar di Lapangan Merdeka Watampone, Kecamatan Tanete Riattang, Minggu (15/3/2020).

Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Bone ke-690.

Sedikitnya ada 48 jenis merpati hias dari kurang lebih 500 ekor turut dikonteskan dalam even itu.

Ketua Pencinta Merpati Hias Bone (PMHB) Andi Fahruddin dalam laporannya menuturkan, untuk persiapan rekor MuRI komunitas Merpati se-Nusantara sudah mempersiapkan 700 hingga 1.000 ekor lebih burung merpati hias.

"Target kita 800 ekor, namun capaian rekor MuRI melebihi target yaitu 1007 ekor, ini berkat dukungan penuh Pemda Bone dan seluruh rekan komunitas merpati hias seluruh nusantara," ungkapnya.

Presiden IFPC (Indonesian Fancy Pigeon Community) Joko Wikono mengapresiasi pelaksanaan kontes Merpati Hias di Bone ini.

"Alhamdulillah ini baru pertama level Nasional di Sulawesi Selatan dan event Komunitas Merpati Hias kali ini spesial full support seratus persen dari Pemda Bone. Itu luar biasa Bupati Bone," ungkap Joko Wikono.

"Ini momen yang sangat haru dengan rekor ini akan diikuti oleh Kabupaten lain. Bagi kami merpati hias sebagai pemersatu bangsa," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle bilang, event ini luar biasa. Karena bisa menghadirkan 1.007 ekor merpati melebihi target MuRI sehingga Bone bisa memecahkan rekor.

"Alhamdulillah apa yang diraih ini adalah rekor MuRI dunia, ini suatu kebanggaan dari kita semua," kata Ambo Dalle.

Triyono dari Museum Rekor dunia Indonesia bilang, jumlah merpati sebanyak ini belum pernah ada di negara lain.

"Oleh karenanya rekor yang diberikan bukan rekor Indonesia tapi ini menjadi rekor dunia karena memang MuRI berlum pernah mendapat informasi dari negara lain kontes merpati jumlah merpati dilibatkan sebanyak ini, terima kasih kepada komunitas pencinta merpati hias se-Nusantara yang sempat hadir," ucapnya.

Adapun burung merpati yang turut dikonteskan diantaranya jenis Merpati Hias French Mondain yaitu sejenis Merpati terbesar di Eropa ini memiliki berat minimal 1,3 Kg, jenis Merpati Mof Blondinet, American Modena Scatty serta peserta terbanyak jenis Merpati Showking Pigeon berjumlah 32 ekor.

"Kontes merpati hias ini diikuti oleh peserta se-Nusantara, selain dari Kabupaten Bone juga ada peserta berasal dari Kabupaten lain di Sulawesi Selatan ataupun luar Sulawesi serta pulau Jawa," tutur Kadis Peternakan Bone Aris Handono.

Dan tim penilai atau juri yang didatangkan dalam kontes merpati hias itu terdiri dari juri nasional dan juri internasional. (sug/ril)