Catatan Penting Dies 68 Tahun Hukum Unhas, Apa Saja Baru?

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Dies Fakultas Hukum Unhas ke-68, terasa spesial. Lantaran, dilaksanakan tanda tangan 30 kerjasama.

Sebagai puncak acara, dihelat gathering oleh seluruh Civitas Akademika dan Temu Alumni.

Salah satu rangkaian acara diadakan penandatanganan Naskah Kesepahaman (MoU dan MoA) antara Fakultas Hukum Unhas dengan 30 Lembaga Mitra yang terdiri dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan serta di luar Sulawesi Selatan, Instansi Penegakan Hukum, Lembaga Independen, Asosiasi Advokat, Ikatan Guru hingga Organisasi Kepemudaan KNPI Sulsel.

Kerjasama ini, difokuskan pada peningkatan kapasitas aparatur penyelenggara negara, perancangan dan pembuatan naskah akademik dan Ranperda, kerjasama pelayanan hukum, konsultasi hukum serta pelatihan-pelatihan teknis di bidang hukum.

Fakultas hukum menyiapkan sarana dan sumber dayanya yang setiap saat bisa ditugaskan sebagai wujud pelaksanaan dari Tridhama Perguruan Tinggi. demikian disampaikan Prof Farida Patittingi, Dekan Fakultas Hukum Unhas.

MoU dan MoA ini ditandatangani dengan disaksikan langsung Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi RI Prof Aswanto, Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel dan Rektor Universitas Hasanuddin.

Tampak hadir, Bupati Bone, Wali Kota Makassar, Bupati Jeneponto, Bupati Donggala, Bupati Banggai, Wakil Bupati Pangkep, Wakil Bupati Takalar, Beberapa Sekda Kabupaten/Kota, beberapa Asisten Pemerintahan beserta Kabag Hukum masing-masing mulai dari Gowa, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Sinjai, Pinrang, Wajo, Soppeng, Barru, Parepare, Enrekang, Maros, Sidrap, Palopo.

Juga hadir perwakilan Kejati Sulsel, Kepala Pemasyarakatan Kanwil Hukum dan Ham, Ketua AAI Makassar, Ketua Ombudsman Makassar, Ketua Lembaga Pemantau Barang dan Jasa Makassar, Ketua IKatan Guru Indonesia Sulsel, Ketua KNPI Sulsel, dan Ketua HIPMI Kota Makassar.

Rektor Unhas Prof Dwia Ariestina Pulubuhu sangat mengapresiasi gelaran ini. Kata Dwia, kerjasama dengan berbagai lembaga ini sangat penting dan menjadi bagian dari pelaksanaan kemitraan Unhas dalam memberikan sumbangsih bagi peradaban.

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi. Diakuinya, capaian ini harus dipertahankan dan mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Kota untuk bersama-sama universitas melakukan kolaborasi sera memberikan dukungan terhadap setiap upaya kerjasama yang dilakukan. (ril)