Ini Arahan Luhut Pasca Ditunjuk Jokowi Gantikan Tugas Sementara Menhub

BONEPOS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk sebagai pelaksana tugas sementara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pasca positif Corona.

"Presiden sudah menugaskan-mengangkat Menhub ad interim, menugaskan Menko yang mengkordinatori, yaitu Menko Maritim dan Investasi, sebagai Menhub," kata Mensesneg Pratikno di kantornya, Senin (16/3/2020).

Luhut yang ditunjuk menggantikan sementara tugas Budi Karya, langsung mengeluarkan beberapa instruksi kepada jajaran Kementerian Perhubungan. Setidaknya ada lima arahan yang diberikan Luhut, salah satunya sterilisasi ruangan kerja di Kemenhub agar segera dimulai selama dua hari ke depan.

Berikut lima poin arahan Luhut : 

1. Jajaran Kemenhub segera mendata individu di lingkungan Kemenhub yang berpotensi terinfeksi virus Covid 19 untuk mendapatkan prioritas pemeriksaan kesehatan.

2. Sterilisasi ruangan kerja di Kemenhub agar segera dimulai selama dua hari ke depan.

3. Untuk sementara tidak ada perjalanan dinas pejabat dan pegawai Kemenhub ke luar negeri.

4. Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perkeretaapian diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik antara lain dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari.

Hal serupa agar dilaksanakan di daerah-daerah. Diharuskan ada sosialisasi publik/pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala (symptom) Corona dan himbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan, serta imbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit.

5. Jajaran Kemenhub agar memastikan arus transportasi logistik tetap lancar utamanya untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjamin. (ril)