Mahasiswa di Bone Ngampus di Rumah, Dosen PT Swasta Pilih Kompak

BONEPOS.CO - ADS GRAFIS Ilustrasi

BONEPOS.COM, BONE - Gabungan Dosen Perguruan Tinggi Swasta tergabung dalam Aliansi Dosen Perguruan Tinggi (PT) Swasta Korda Kabupaetn Bone, gelar pertemuan merespons kondisi penyebaran virus kategori Covid-19 (Corona).

Pertemuan ini hadir perwakilan seluruh perguruan tinggi swasta di Kabupaten Bone. Tujuannya, memantapkan metode pengajaran dengan sistem during atau pengajaran jarak jauh.

“Kami mengadakan pertemuan ini merespons arahan Kemeterian Dikbud dan LLDIKTI Wil IX untuk melakukan pengajaran jarak jauh dengan para mahasiswa kami," ucap Ewing salah satu karteker dari STKIP Muhammadiyah Bone.

Juga karena pemerintah telah mengumumkan salah satu Menteri Jokowi positif terinfeksi Virus Corona, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Pertemuan ini juga menghasilkan rekomendasi dua aplikasi untuk digunakan sebagai tools untuk pengajaran yakni “ZOOM” dan “google class room”.

Kedua aplikasi ini akan dijadikan rekomendasi untuk sesama rekan dosen nantinya di kampus masing-masing juga untuk para mahasiswa.

Dengan penggunaan aplikasi ini bisa menampilkan presentasi live dan komunikasi 2 arah juga alur etik dalam penggunaannya nanti.

Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Korda Kabupaetn Bone melakukan “role play” tata penggunaan aplikasi video conference langsung dengan praktik dan bergantian.

“Yang perlu diperhatikan (penggunaan aplikasi) nantinya adalah etik penggunaan, dimana semua peserta mematikan tombol mic saat menampilkan presentasi dan jika ingin menyampaikan pertanyaan bisa tunjuk jari di depan layar kamera handphone atau laptop untuk bergantian berbicara agar proses during bisa berjalan baik”, jelas Awaluddin yang juga dipercayakan sebagai karteker untuk Adpertisi Korda Kabupaten Bone.

Dari hasil pertemuan ini Adpertisi juga siap menjadi fasilitator untuk pemerintah jika dibutuhkan untuk memandu tata menggunakan aplikasi video conference sebagai solusi rapat-rapat tanpa harus bertatap muka.

Ketua Adpertisi Buyung menyampaikan bangga atas inisiasi tanggap yang dilakukan oleh Korda Bone dengan antisipasi pengumuman genting virus yang telah menelan banyak nyawa.

Adpertisi Bone mencatat ada enam Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung di dalamnya yakni STIA Puangrimaggalatung, STKIP Muhammadiyah, STIH Pengayoman, STIE , STIP Yapi dan Bataritoja. (ril)