[CEK FAKTA] Minum Rebusan Air Bawang Putih Dapat Sembuhkan Virus Corona

BONEPOS.COM - ADS GRAFIS Ilustrasi

BONEPOS.COM - Di tengah santernya pemberitaan terkait penyebaran virus Corona (Covid-19), membuat semua orang mencari tahu cara mengobatinya.

Hal ini kemudian membuat masyarakat termakan informasi hoaks, dimana kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam tiga hari terakhir, masyarakat dihebohkan dengan adanya pesan singkat mengenai air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan virus corona.

Sebuah unggahan berisi informasi tentang rebusan air bawang putih yang diduga dapat menyembuhkan virus corona beredar di media sosial Facebook dan pesan di grup WhatsApp. Selasa (17/3/2020)

"Kabar baik!!! Virus Corona Wuhan dapat disembuhkan dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Dokter Tiongkok membuktikan keefektifannya. Banyak pasien juga telah terbukti efektif sembuh, RESEP: Ambil delapan (8) siung bawang putih dipotong kecil2, tambahkan tujuh (7) gelas air dan didihkan. Minum airnya. Sembuh dalam waktu semalam ...tolong bagikan dengan semua kontak Anda, dapat membantu menyelamatkan nyawa .," Isi pesan yang beredar di WhatsApp.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Achmad Yurianto menegaskan, bahwa informasi tidak benar (hoaks).

"Tidak benar itu, sampai saat ini secara ilmiah belum ditemukan obatnya," ujar Achmad yang dikutip dari Kompas.com, Rabu (29/01) lalu.

Achmad juga mengungkapkan, air rebusan berisi bawang putih tersebut tidak menimbulkan efek untuk mengobati corona. (ril).