Corona Menyerang, Sekolah Tetap Adakan UNBK di Bone

BONEPOS.COM, BONE - Meski semua jenjang pendidikan diliburkan dari jenjang PAUD, TK, sampai SMA/SMK diliburkan serentak. 1.885 siswa SMK se-Kabupaten Bone, tetap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) berlangsung mulai Senin (16/3/2020).

Memantau kelancaran pelaksanaan UNBK, Kepala Seksi Bidang SMK Cabag Disdik Wilayah 3 Bone Sinjai Delmiah dan Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) A Aspada didampingi Sekretaris MKKS SMK yang juga Kepala UPT SMKN 1 Bone Amiruddin meninjau ujian di SMKN setempat.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah 3 Bone Sinjai melalui Kasi Bidang SMK Delmiah disinggung terkait waspada virus Corona mengatakan, kegiatan UNBK SMK tetap berlangsung.

"Kami belum ada informasi atau perintah langsung dari Disdik Provinsi untuk melarang sekolah laksanakan UNBK terkait waspada Corona," kata Delmiah.

"Terkecuali siswa tidak ikuti ujian karena sakit kita tetap siapkan ujian susulan," ujarnya.

Sementara Sekretaris MKKS SMK Kabupaten Bone Amiruddin mengatakan, jika ada edaran minta UNBK ditunda itu diharap siswa tidak diliburkan.

"Kami tetap minta UNBK dilaksanakan karena kasihan persiapan ujian itu tidak sedikit dan kita ikut UN Online pusat yang telah terjadwal," ungkapnya.

Sementara terkait waspada Corona menurut Amiruddin pihaknya telah menyiapkan anti septik untuk siswa.

"Jadi antisipasinya setiap siswa kita beri anti septik pembersih tangan dan setelah ujian seluruh tempatnya dibersihkan," ujarnya.

Adapun jumlah SMK yang menyelenggarakan atau melaksanakan UNBK di Kabupaten Bone tercatat 10 SMK Negeri dan 13 SMK Swasta. (sug/ril)